Lomba Agustusan yang Unik

Dikirim oleh : Endra | 24-08-2016

Pertanyaan:
Selamat Malam,
Saya pengurus karang taruna, di kegiatan HUT kemarin, sepertinya banyak sekali yang kurang unik mengenai lomba – lomba yang diselenggarakan, untuk membuat sebuah lomba / kegiatan yang unik, itu bagaimana ? Apa saja yang bisa membuat kami mempunyai ide unik?

Terimakasih


Halo Endra, Kita coba lihat back to basic dulu, pada intinya sejarah lomba – lomba ini dimulai tahun 1950, ketika ibukota dipindah dari Yogyakarta ke Jakarta. Awal mulanya yang memulai adalah masyarakat Betawi dan sangat cepat menyebar. Bahkan ada lomba Agustusan tingkat nasional yang disaksikan oleh Presiden Soekarno.

Pemilihan mata lomba pun disesuaikan dengan semangat perjuangan bangsa. Mengenang perjuangan bangsa, misalnya lomba makan kerupuk, jaman dulu cari makan itu sulit (tangan diikat ke belakang), Balap karung, representasi pakaian jaman dulu dan seterusnya.

Nah, sampai sekarang tradisi itu tetap dilestarikan. Jadi keunikan bisa dimulai dari memahami esensi peringatan kemerdekaan. Dari situ, dengan kreativitas, akan muncul mata lomba yang baru yang tidak melenceng dari esensinya. Begitu kira – kira untuk membuat Lomba Agustusan yang Unik , harus mencoba menilik kembali esensi dari lomba.


#TanyaKampoeng – Kegiatan/ Lomba :
Dodi Kurniadi Wibowo
Program Manager KampoengEdukasi
Dewan Penasehat KampoengSmuda
DD Adventure Owner

Mau Ikutan #TanyaKampoeng ??? Silakan kirim pertanyaan kamu ke tanya@kampoengngawi.com dengan subject : TanyaKampoeng dan temukan sharing dari pakarnya nya disini..

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest