Baterai Penghasil dan Penyimpan Listrik Untuk Rumah

Melihat tagihan listrik rumah, seringkali kita merasa biayanya terlampau mahal. Hal ini memunculkan pertanyaan, dapatkah kita menghasilkan listrik secara mandiri? Tenaga angin dan tenaga air dapat membangkitkan listrik, namun diperlukan ruang yang cukup besar untuk menyimpan tenaga tersebut berikut dengan peralatannya.

Chief Executive Tesla, Elon Musk mengumumkan mereka tengah mengembangkan baterai rumah untuk menghasilkan listrik secara mandiri. Baterai Penghasil dan Penyimpan Listrik Untuk Rumah. Kelebihan listrik yang dihasilkan malahan dapat dijual ke perusahaan listik.

Elon Musk mengumumkan kepada para calon investor bahwa desain untuk baterai rumah tersebut sudah siap dan dapat dilihat oleh umum dalam satu atau dua bulan mendatang, dan akan diproduksi setidaknya enam bulan ke depan.

Baterai stasioner buatan Tesla ini bisa jadi merupakan penghubung energi terbarukan ke konsumen dengan cara yang mudah. Saat ini, tantangan untuk menyimpan energi “bersih” (clean energy) dari matahari atau angin menjadi salah satu alasan konsumen tetap menggunakan jaringan listrik konvensional.

Meskipun Elon Musk belum berkomentar tentang harga produk baru mereka ini, namun besar kemungkinan produk ini akan menghasilkan penghematan besar dibanding jaringan listrik konvensional.

Inovasi dalam bidang energi seperti ini tidak hanya diperuntukkan bagi pemilik rumah ramah lingkungan. Baterai ini juga dapat memberikan keuntungan untuk mereka yang bermukim di luar jangkauan listrik konvensional, seperti desa-desa terpencil yang biasanya menggantungkan kebutuhannya pada generator listrik. Beberapa orang mengatasi masalah ini dengan menyiapkan generator propana atau bensin, yang mana cara ini tidak selalu praktis dan murah.

Elon Musk menjanjikan baterai buatan Tesla tersebut akan dibuat dengan desain yang menarik sehingga bisa menjadi bagian dari dekorasi rumah, bahkan bisa juga dimanfaatkan untuk properti komersial, seperti kantor atau pertokoan.

|greeners.co

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com