Bermain Egrang, Engklek, dan Dakon

Ada yang seru di Car Free Day Ngawi pagi ini, 24 April 2016. Ada beberapa anak muda yang berpakaian kuning-hitam dengan logo gambar biru di dadanya sedang bermain permainan tempo dulu.

Serunya mereka bermain egrang, engklek, dan dakon membuat para penikmat Car Free Day Ngawi hari ini tertarik untuk melihat dan mencobanya. Tidak sedikit yang berkunjung ke Stand yang bertuliskan spanduk Kampoeng Dolanan Ngawi.

Rupanya ada sekelompok komunitas ini memperagakan berbagai permainan – permainan yang mungkin saat ini sudah banyak dilupakan atau bahkan anak – anak jaman sekarang sudah tidak melakukannya.

Bermain Egrang, Engklek, dan Dakon merupakan salah satu yang diperagakan, mempunyai makna bermain dengan ketangkasan, strategi, dan bahkan perhitungan matematis. Inilah hebatnya para pencipta permainan – permainan ini. Luar biasa. Namun ada permainan yang belum bisa diperagakan, Gobak Sodor.

Dengan semangat yang bertujuan terus melestarikan permainan – permainan ini, Kampoeng Dolanan mencoba membawakan dan mengajarkan kepada seluruh masyarakat atau mengajak bermain kembali permainan yang unik dan asyik ini.

Para relawan Kampoeng Dolanan ini rata-rata masih duduk di bangku SMA, mereka diberikan fasilitas oleh Kampoeng Edukasi untuk memperagakan permainan – permainan ini. Terlihat antusias masyarakat ngawi cukup bagus, bahkan ada salah satu pengunjung yang merupakan pemilik toko mainan terbesar di Ngawi yang mengapresiasi dan sangat kagum dengan kegiatan hari ini.

“Permainannya seru, saya sangat tertarik dengan permainan – permainan tradisional seperti ini,” terang Bapak Martin, salah satu pengunjung.

Tentunya sebagai generasi gadget dan hi tech, kita jangan terus melupakan permainan unik tempo dulu ini. Bermain Egrang, Engklek, dan Dakon

“Semoga minggu depan akan lebih seru dan lebih asyik,” ungkap Mattin, salah seorang relawan. Sedangkan Alya, salah seorang relawan juga menyampaikan bahwa persiapannya untuk yang hari ini cukup singkat, sehingga mungkin ada banyak kekurangan, insyaAlloh minggu depan dan berikutnya akan lebih seru.

Bagi yang ingin bergabung menjadi relawan silakan menghubungi Kampoeng Edukasi melalui website, facebook, twitter maupun Instagram nya : KampoengEdukasi . (cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com