BPBD Ngawi Ingatkan Potensi Meluapnya Bengawan Solo

Akses jalan dari Mangunharjo menuju Kendung. Foto by Rayung


BPBD Ngawi Ingatkan Potensi Meluapnya Bengawan Solo. mewaspadai ketinggian air Sungai Bengawan Solo di wilayah setempat yang telah masuk status Siaga I sejak 28 September 2016. “Pantauan ketinggian air Bengawan Solo di Ngawi terus meningkat. Kemarin masih sekitar 6,80 meter dan tadi pagi sudah mencapai 8,5 meter,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Ngawi Eko Heru Cahyono, di Ngawi, Kamis (29/9).

Seperti yang telah dilansir Antara, Eko menjelaskan ketinggian air yang terus bertambah tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi di daerah hulu, seperti Wonogiri dan Solo, Jawa Tengah. Sehingga, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi kemungkinan Bengawan Solo meluap.

“Selain itu ketinggian Bengawan Solo juga dipengaruhi debit air Sungai Bengawan Madiun yang selama dua hari terakhir ini juga mengalami peningkatan. Bengawan Madiun terpantau ketinggian sekitar delapan meter,” kata dia.

Eko menjelaskan, pantauan dan kewaspadaan perlu dilakukan menyusul prediksi BMKG Juanda, Surabaya. Prediksinya, hujan masih berpotensi mengguyur di kawasan eks-Keresidenan Madiun selama bebrapa hari ke depan, termasuk Ngawi. “Jika hari ini masih turun hujan, maka dimungkinkan banjir yang saat ini melanda 12 desa di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Ngawi akan bertahan. Namun, jika cuaca cerah, dipastikan genangan air akan segera surut,” kata Eko.

BPBD Kabupaten Ngawi mencatat, saat ini banjir melanda Kecamatan Kwadungan tepatnya di tujuh desa, yakni Desa Kendung, Simo, Purwosari, Tirak, Diden, Warok Kalong, dan Sumengko. Sedangkan di Kecamatan Pangkur, air menggenang di empat desa, yakni, Warok Tengah, Gandri, Ngompro, dan Pleset. Kecamatan Padas melanda satu desa, yakni Desa Bendo, dan Kecamatan Ngawi melanda di Desa Magunharjo. (cse)

Sumber : Antara

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com