Desa Wisata Ngrayudan Masuk dalam Profil Wisata Jawa Timur 2017

Desa Wisata Ngrayudan dalam Isi Buku Profil Wisata Jawa Timur tahun 2017


SURABAYA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur telah merilis Buku Profil Desa Wisata Jawa Timur 2017. Buku Profil Desa Wisata tersebut digunakan untuk menginventarisir dan mensosialisasikan kepada khalayak tentang Desa Wisata yang terdapat dan tercatat di Provinsi Jawa Timur sampai periode 2017 ini.

Desa Wisata Ngrayudan Masuk dalam Profil Wisata Jawa Timur 2017. Desa Wisata Ngrayudan menjadi satu – satunya Desa Wisata di Kabupaten Ngawi yang masuk dalam buku profil tersebut. Tentunya hal ini merupakan sebuah hal yang perlu diapresiasi dan harus terus ditingkatkan.

Secara ringkas dan informatif dalam Buku Profil Desa Wisata Jawa Timur tersebut dijelaskan tentang letak geografis desa termasuk akses menuju lokasi, potensi-potensi desa, sejarah terbentuknya wisata serta deskripsi destinasi wisata yang ada di Desa Wisata Ngrayudan.

Desa Wisata Ngrayudan Masuk dalam Profil Wisata Jawa Timur 2017. Dengan menggemakan slogan “Ngrayudan itu Menawan” menjadi daya tarik tersendiri untuk mengundang rasa penasaran dan minat eksplorasi para pecinta wisata baik dari dalam maupun luar negeri.

Desa Ngrayudan memiliki segudang objek wisata alam dan eduwisata. Objek wisata di antaranya kolam renang Selo Ondo, Selo Gedeg dan Selo Irung Petruk, Goa Macan, Air Terjung Teleng, Taman Hutan Segawen, Sumber Nogo, Cunthang River Tubing, Watu Bungkus, dan Jalur pendakian Gunung Lawu. Sedangkan kategori edu wisata terdapat lahan persawahan, wisata memetik kopi dan pengolahan, memetik cengkeh, serta pengolahan minyak cengkeh.

Terlengkapi juga dengan kesenian khas Desa Wisata Ngrayudan (terdapat sanggar tari Retno Dumilah yang melestarikan tari kijang talun, seni banjari, dan seni campursari. Di bidang kebudayaan dan tradisi ada Festival Gravitasi Bumi Selondo, bersih desa, dan kirim sumber yang sakral diritualkan. (ske/ern)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest