Empat Gelar Pahlawan Nasional di Tahun 2014

Presiden Joko Widodo memimpin upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk empat tokoh nasional di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 7 November 2014. Upacara penganugerahan dimulai pada pukul 14.15 WIB dan dihadiri para menteri serta pejabat tinggi negara lainnya.

Keempat tokoh yang diberi gelar pahlawan yakni Letnan Jenderal Djamin Gintings, Mohammad Mangoendiprojo, Abdul Wahab Chasbullah, dan Sukarni Kartodiwirjo. Pemberian gelar pahlawan nasional untuk keempat tokoh ini didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/Tahun 2014. Keputusan ini ditandatangani Jokowi pada 6 November 2014.

Dalam keputusan itu, Djamin Gintings dianggap sebagai tokoh Sumatera Utara yang berjasa dalam penumpasan gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia. Sedangkan Abdul Wahab Chasbullah dianggap sebagai tokoh Jawa Timur yang berjasa lantaran meningkatkan dukungan Nahdlatul Ulama terhadap pemerintah Indonesia pada masa kemerdekaan, seperti dirangkum dalam berita Tempo (07/11/2014).

Adapun Mohammad Mangoendiprojo dianggap sebagai tokoh Jawa Timur yang berjasa dalam peristiwa revolusi kemerdekaan di Surabaya. Sedangkan Sukarni Kartodiwirjo merupakan tokoh Jawa Timur yang dianggap berjasa merumuskan naskah Proklamasi dan mendesak proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com