Filosofi Dolanan Sangat Bermaanfaat Bagi Kepribadian Siswa

Filosofi Dolanan Sangat Bermaanfaat Bagi Kepribadian Siswa. Foto-KE


NGAWI – Bermain, siapa anak yang tak menyukai kegiatan satu ini. Selain menyenangkan, bermain juga bisa meningkatkan interaksi, menjaga anak agar terus bergerak sehingga menjadi lebih sehat, hingga mengasah kreativitas.

KampoengDolanan kembali mengenalkan permainan tradisional kepada siswa kelas 3 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Harapan Umat (HARUM). Bertempat di taman rekreasi Tawun, desa Tawun, kecamatan Kasreman, Minggu (14/05/2017) lalu.

Permainan tradisional yang dikenalkan oleh KampoengDolanan dalam kegiatan bertajuk Dolanan Bareng Kelas 3 Al Haitham SDIT Harum tersebut meliputi boy boynan, gobak sodor, egrang dan betengan. Sebanyak 30 siswa dipandu oleh para fasiltator KampoengEdukasi khususnya para instruktur KampoengDolanan.

Eriek Kristiari, salah satu wali murid kelas 3 menyampaikan bahwa kegiatan bermain tradisional ini harus diulangi secara kontinue, karena masih banyak dolanan jadul yang perlu kita lestarikan selain itu filosofi dolanan sangat bermaanfaat bagi kepribadian siswa.




Sementara itu, Wijang Isnandita, Direktur KampoengEdukasi mengungkapkan kegiatan ini bisa menambah keakraban siswa satu dengan lainnya. Gerak aktif siswa ketika bermain juga menambah semangat mereka. Dengan bermain, belajar didapat, hiburan pun juga didapat.

“Harapannya agar siswa kembali pada masa penuh kecerian, berlatih untuk bersosialisasi kepada masyarakat atau teman sebaya,” pungkas Wijang.

Selain itu imbuhnya, KampoengDolanan akan berkomitmen untuk terus memperkenalkan dan memberikan edukasi tentang permainan – permainan tradisional.(ske/ern)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest