Ibas Sosialisasi RUU Kebudayaan Di Ngawi

Foto – Rmol

Anggota Komisi X DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono menyatakan, pembahasan RUU Kebudayaan ditargetkan akan rampung secepatnya. RUU tentang kebudayaan sebenarnya sudah lama dibahas tetapi masih belum disahkan hingga pergantian anggota dewan.

“Oleh karena itu, tujuan kami ke Ngawi ini untuk melihat dari dekat permasalahan yang ada untuk diakomodir dalam RUU tersebut. Seperti diketahui di daerah ini banyak situs sejarahnya tentunya secara hirarki ada bentuk satu budaya yang harus dijaga keberadaanya,” beber Ibas, sapaan akrab anggota DPR dari Dapil VII Jawa Timur ini, mengawali sambutannya saat sosialisasi RUU Kebudayaan di Aula Kantor Desa Jambangan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Rabu (10/9).

Seperti dilansir RMOL, Ibas Sosialisasi RUU Kebudayaan Di Ngawi. Sosialisasi ini dihadiri Paguyuban Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) Kabupaten Ngawi, Paguyuban Permadani (Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia), Paguyuban Seni Campur Sari Kabupaten Ngawi, Paguyuban Seni Hadroh Campur Sari Kabupaten Ngawi, Paguyuban Seni Reog Kabupaten Ngawi dan Paguyban Seni Tari Gambyong Kabupaten Ngawi.

Diharapkan keberadaan UU tersebut nantinya bisa membantu pengembangan kebudayaan di Indonesia. “Dengan demikian selain langkah pelestarian diharapkan peraturan yang digodok tersebut mampu memproteksi kebudayaan sebagai cikal bakal suatu bangsa,” terangnya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini mengingatkan, peran pendidik serta tokoh masyarakat sangat sentral untuk mempertahankan kebudayaan yang dimiliki bangsa ini secara universal berlandaskan dari masyarakat yang madani dan menjadi asset yang harus dilestarikan.

“Untuk itu saya berharap pelestarian kebudayaan ini bisa dilakukan sejak usia dini,” papar putra bungsu Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Ibas pun memberikan satu contoh seperti halnya bahasa Jawa, tentunya harus dikembangkan sebagai warisan luhur yang diwariskan secara turun temurun.

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com