Mau Tepo Tahu di Ngawi? Kamu Bisa Coba Beberapa Warung Tepo Ini

Mau Tepo Tahu di Ngawi? Kamu Bisa Coba Beberapa Warung Tepo Ini. Foto-Ratna



NGAWI – Bicara soal perut pastinya kita akan ditujukan kepada makanan. Salah satu makanan khas di daerah Jawa Timur, salah satunya juga banyak dijumpai di Ngawi adalah Tepo.

Tepo adalah salah satu makanan khas yang berasal dari kota Ngawi. Sebagian orang menyebutnya berasal dari Magetan yang letak secara geografisnya berdekatan dengan Ngawi. Tepo merupakan makanan yang berasal dari beras, seperti lontong hanya teksturnya dan bentuknya berbeda. Apabila lontong dibungkus daun pisang dengan bentuk memanjang, maka tepo biasanya dibungkus dengan bentuk segitiga sehingga menyerupai piramid. Di beberapa daerah di Ngawi, ada juga yang membungkus dengan plastik (biasanya 1 kiloan).

Mau Tepo Tahu di Ngawi? Kamu Bisa Coba Beberapa Warung Tepo Ini :

  1. Tepo Mbah Nem – Jalan Dr. Soetomo
  2. Tepo Pak Samud – Proliman Pasar Sore Ngawi
  3. Tepo Mbah Jar – Dawu, Paron
  4. Tepo Jalan Ronggo, Utara Jalan Sentot sebelah barat jalan
  5. Tepo Pak Sarus – Koplakan Pasar Besar Ngawi
  6. Tepo Jalan Karya Depan Apotek Ikhlas

Bicara tentang Tepo Legend di Ngawi salah satu yang memang menjadi legenda adalah Tepo Pak Sarus. Dari perbincangan Dodi Kurniadi Wibowo dengan keturunan Pak Sarus menyebutkan bahwa Tepo ini sudah terkenal sejak tahun 60-70an.

Pak Sarus itu nama generasi ketiganya. Bertempat di koplakan pasar ayam Ngawi, menurut kebanyakan orang, tepo ini memang yang ternama di Ngawi. Seperti penuturannya kepada KampoengNgawi.com, Dodi saat itu dilayani oleh istri Pak Sarus.

“Porsinya besar sekali, dimasak dengan bahan bakar arang membuat aroma masakan menjadi lebih nikmat,” terang Dodi bersemangat.

Hal ini yang membedakan dengan penjual tepo lain yang sudah beralih mengunakan Gas LPG. Turun temurun dari Kakek Nenek Pak Sarus, mereka berjualan tepo yang hingga sekarang melegenda dan lokasinya masih hampir sama. Saat ini tampuk penjualan berpindah ke putri Bu Sarus. Generasi ke-4 penjual tepo di Pasar Ayam Koplakan Ngawi. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest