Mayjen TNI (Purn.) Prijanto

Mayjen TNI (Purn.) Prijanto seorang tokoh nasional yang lahir di Ngawi, Jawa Timur, 26 Mei 1951 merupakan sosok yang santun, tegas, dan penuh integritas. Mayjen TNI (Purn.) Prijanto pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 7 Oktober 2007 hingga 7 Oktober 2012. Prijanto terpilih sebagai Wakil Gubernur mendampingi Fauzi Bowo pada Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah DKI Jakarta 2007.

Sebelum terjun di dunia politik, Mayjen TNI (Purn.) Prijanto adalah tokoh TNI. Jabatan terakhirnya adalah Aster KASAD dengan pangkat Mayor Jenderal dan pensiun dini saat maju pilkada 2007. Prijanto merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudara yang lahir dari pasangan Sumantri Wignjowijandjono dan Sumirah. Prijanto beristri Widyastuti Endang S dan mempunyai dua anak yaitu Whisnu Putro dan Putri.

Selepas SMA tahun 1969, Prijanto melanjutkan kuliah di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang Fakultas Keguruan Eksakta pada tahun 1970. Namun, belum tuntas menyelesaikan pendidikan di kampus calon guru itu, pada tahun 1972 Prijanto pindah ke AKABRI dan lulus pada tahun 1975. Selama di militer, Prijanto pernah terlibat aktif dalam Operasi Seroja di Timor Timur pada tahun 1978.

Mengenai hobi, Prijanto mengaku gemar berolahraga, terutama bowling dan tennis. Bahkan ia juga pernah menjadi Ketua Umum Olahraga Bowling DKI Jakarta selama dua periode. Iklim Demokrasi di Militer mengenai adanya kekhawatiran pemerintahan negeri ini akan kembali otoriter di bawah kepemimpinan militer, sebagai pengamat politik, Prijanto justru menegaskan bahwa budaya kekerasan dan otoritarianisme di tubuh militer dalam konteks negatif tidak ada.

|WikiPedia
|Merdeka

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest