Menikmati Kemegahan Alun – Alun Ngawi

Menikmati Kemegahan Alun – Alun Ngawi. Foto-Yehan Minara


NGAWI – Bicara tentang Kabupaten Ngawi, salah satu yang menjadi icon adalah Alun-alun Ngawi yang sangat luas. Alun-alun Ngawi merupakan Alun-alun yang terbesar di Jawa Timur. Di tempat itu kita bisa menikmati aneka kuliner, wisata anak, dan berbagai hiburan yang terdapat di wisata malam hari alun-alun Ngawi.

Predikat alun-alun terluas ini dapat dibuktikan dengan betapa luasnya lapangan, taman, serta komplek penjual kuliner dialun-alun Ngawi ini. Alun – alun yang diberi nama Alun – Alun Merdeka ini berada tepat di sebelah timur Masjid Agung Baiturrohman Ngawi.

Berikut ini adalah sebuah tulisan dari salah satu traveler/pejalan asal Serang, Banten yang kebetulan mampir ke Alun – alun menikmati indahnya suasanya di sana.

Bagi pejalan pemula seperti saya, mengunjungi sebuah daerah berikut dengan destinasi wisatanya akan terasa lengkap dan istimewa jika saya berhasil mampir ke alun-alun kotanya. Ini seperti sudah menjadi menu wajib yang ada di list perjalanan saya, seperti di Ngawi ini.

Kenapa? Karena saya suka menikmati suasana baru dan menonton manusia yang datang dari berbagai daerah di Ngawi bahkan sampai luar Ngawi seperti saya. Dan biasanya saya akan menemukan sesuatu dari yang saya nikmati dan saya tonton itu.

Seperti yang saya temukan di Alun-Alun Ngawi ini. Selain karena alun-alunnya yang bersih, rapi, banyak pula disediakan bangku-bangku dan gazebo di area alun-alun, saya bahkan terkagum-kagum dengan berbagai fasilitas yang disediakan pemerintah Ngawi untuk alun-alun ini. Seperti Taman Lalu Lintas misalnya, taman yang berisi tata cara berlalu lintas dengan baik ini, ternyata sangat disukai anak-anak. Saya melihat ada beberapa anak-anak bersepeda mengelilingi taman ini dan mereka begitu telaten mempelajari satu persatu tanda berlalu lintas. Bagi saya ini tidak hanya sekedar taman untuk anak-anak bermain. Tapi taman untuk belajar berkendara dengan baik sejak mereka diusai dini.

Ini belum seberapa, tak jauh dari Taman Lalu Lintas, saya mampir ke Taman Therapy, taman ini tak kalah menarik. Ada batu-batu mutiara untuk therapy kaki bagi siapa saja yang ingin mencoba therapy, selain itu disediakan juga banyak fasiltas olahraga khusus untuk anak-anak dan orang-orang dewasa.

Sementara di sudut lain kita akan menemukan tempat untuk mengakses hotspot area, tempatnya tak kalah nyaman dan bersih, bangku dan meja-meja kayunya menjadi pemandangan menarik bagi saya selama di sini. Maka, tak heran jika Alun-Alun Ngawi dinobatkan sebagai alun-alun kota tercantik se-Jawa Timur.




Menurut Friliya, guide yang tak lain adalah teman saya sendiri, pemerintah Ngawi juga menyediakan fasilitas bagi para komunitas yang ada di Ngawi untuk melakukan kegiatan di alun-alun ini, berupa tempat khusus untuk berkumpul dan peralatan sound system.

Setiap Sabtu dan Minggu para komunitas itu akan berkumpul di sini untuk mengadakan pameran atau sekedar pentas seni. Saya membayangkan, jika Alun-alun Serang-Banten tempat asal saya juga seperti ini, pasti akan banyak anak mudanya betah menghabiskan waktu dua puluh empat jam di alun-alunnya. Lebih lagi jika fasilitasnya lengkap dan suasana alun-alunnya bersih.

Suasana Alun-Alun Ngawi ini juga sangat hijau, banyak pohon yang tumbuh dan tertata rapi di sana sini, nuansanya pun sangat damai dan harmonis. Kita bisa menikmati keindahan gedung pusat pemerintahan, masjid, gereja, kantin, kafe, angkringan, sambil mencicipi wedang ronde, atau Teh Radja yang merupakan produk lokasi Khas Ngawi dari perkebunan Teh Jamus.

Saya jamin, kebahagianmu akan semakin lengkap jika sudah berada ditempat ini. Oh iya, di alun-alun Ngawi ini juga banyak disediakan foto spot yang cantik dan oke. Rugi sekali kalau kita sebagai wisatawan sama sekali tidak mengabadikan kenangan ditempat yang sangat cantik, bersih dan damai ini.

Ditulis oleh : Yehan Minara
Foto oleh : Yehan Minara
Editor : KampoengNgawi

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest