Museum Kampoeng Cak Soen

Museum Kampoeng Cak Soen Tempuran, Paron. Foto-Hikma


PARON – Ketika kita berbicara sebuah destinasi wisata yang antik, unik, dan asri, ada satu lokasi yang menarik untuk kita kunjungi. Museum Kampoeng Cak Soen. Iya, itulah salah satu destinasi wisata yang berupa Rumah Adat Jawa Timur dengan berbagai hal menarik di dalamnya.

Rumah Adat yang berlokasi di Jl. Poros RT 04 RW 1 Dusun Tempuran, Desa Tempuran, Kecamatan Paron ini dibangun pada tahun 1921 oleh pasangan Marto Haryono dan Isminah. Rumah yang menempati lahan seluas 9000 m2 itu kemudian direnovasi oleh sang anak Drs. H. Soentoro Haryono, M.M. yang saat ini telah menjadi tempat rekreasi yang asri, lestari, dan nyaman pada 2010 lalu. Ide awalnya agar rumah itu bisa dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat banyak.

Museum Kampoeng Cak Soen ini memiliki empat bangunan yaitu di bagian depan berupa pendopo, bagian tengah sebagai ruang keluarga, samping sebagai lumbung padi, dan di bagian belakang dijadikan tempat tinggal. Di bagian lain dibuatlah kolam pemancingan, ruang museum mobil-mobil dan sepeda motor antik yang semuanya masih terawat dengan baik, juga ada dokar. Selain itu juga ada tempat penangkaran rusa totol (Axis axis), burung merak (Pavo Cristatus), dan kambing. Ada pula sawah dan lahan untuk berkebun.


Foto. Dok Griya Asri


Foto. Dok Griya Asri


Khusus untuk kolam pemancingan, sang pemilik secara rutin menyelenggarakan lomba memancing dengan berbagai hadiah yang menarik. Pada saat lomba memancing itu puluhan orang yang datang dan pulang dengan hadiah-hadiah yang diraihnya dari hasil memancing ikan.

Informasinya, rumah ini akan dilengkapi rumah makan dan tempat resepsi pernikahan dengan konsep party garden, sehingga para pasangan pengantin tidak hanya menyelenggarakan resepsi pernikahannya di gedung-gedung yang terasa monoton.

Nah, untuk sebuah wisata edukasi dan unik, tempat ini merupakan sebuah pilihan buat kamu yang suka traveling yang ingin suasana segar, koleksi antik, bermain dengan rusa, ataupun memancing ikan. Museum Kampoeng Cak Soen Desa Adat Jawa Timur Desa Tempuran ini lengkap sebagai wisata pilihan kamu.(kn/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com