Pembuatan SIM Online Sekarang BISA

NASIONAL – Biasanya banyak kendala pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang terkait dengan domisili Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir dengan hal itu, kamu bisa melakukan pembuatan SIM secara online.

Pembuatan SIM Online sekarng bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Registrasi SIM Online melayani proses registrasi SIM Baru dan SIM Perpanjangan untuk golongan SIM A dan SIM C, syaratnya kamu sudah punya E-KTP. Ikuti langkah – langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka Portal Pembuatan SIM Online : http://sim.korlantas.polri.go.id/
  2. Pilih Menu Pendaftaran SIM Online (akan ada halaman informasi yang sangat membantu kamu)
  3. Baca petunjuk dan isi data – data kamu (ada 5 tahapan pengisian data), ikuti dengan seksama
    • Data Permohonan
    • Data Pribadi
    • Data Keadaan Darurat
    • Konfirmasi Data Input
    • Data Input Berhasil

  4. Setelah pendaftaran sukses, pemohon melakukan pembayaran di ATM atau loket Bank BRI. (Biaya SIM baru berkisar 100rb – 250rb)
  5. Datang ke Gerai SIM atau Samsat yang dipilih saat mendaftar (dengan membawa Surat Keterangan Sehat dari Dokter).
  6. Identifikasi dan Verifikasi data oleh petugas (pengambilan foto, sidik jadi, dan tanda tangan).
  7. Tes Tulis dan dilanjutkan Ujian Praktik.
  8. Selesai

Buat kamu yang masih bingung, kamu juga bisa mendownload Panduan Penggunaan Website Registrasi SIM Online di sini. Pasti akan memudahkan dalam kamu melakukan pembuatan SIM secara online.

Bagi pemohon yang telah melakukan proses registrasi melalui Web Registrasi SIM Online namun belum mendapatkan email konfirmasi registrasi dapat melakukan proses kirim ulang email konfirmasi disini.

Nah, mudah kan? Jadi bagi yang belum punya SIM, segera membuat ya, dan bagi yang SIM nya sudah mau expired, silakan juga menggunakan akses web ini untuk melakukan perpanjangan SIM kamu. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest