Pesantren Bersama KKG Madrasah Ibtidaiyah Mantingan

Pesantren Bersama KKG Madrasah Ibtidaiyah Mantingan. Foto-Alfa


MANTINGAN – Bulan ramadhan yang mulia dan bergelimang berkah bagi kaum beriman, menjadi momentum yang tepat untuk terus meningkatkan amaliah dan pengetahuan agama. Beragam kegiatan positif di gelar oleh berbagai pihak, pun tak ketinggalan oleh sekolah-sekolah di Ngawi mulai dari pondok ramadhan, pengajian umum, tadarrus Alquran, buka puasa bersama dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang kini sedang berlangsung, kegiatan Pesantren Bersama di halaman Madrasah Ibtidaiyah (MI) Awaliyah Desa Bulakgadungan, Kecamatan Mantingan, sejak kemarin Senin (12/07/2017) hingga Rabu (14/06/2017) yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Madrasah Kecamatan Mantingan.

Tak kurang dari 352 anak kelas 4 dan 5 dari 7 lembaga sekolah MI se-Kecamatan Mantingan yaitu MI Nurussalam Dadung, MI Al-Huda Pengkol, MI Awaliyah Kedungharjo, MI Awaliyah Bulakgadungan, MI Ma’arif Tempursari, MI Hudalilmuttaqien Kedungpanas dan MIN Pakah mengikuti Pondok Romadhon Pesantren Bersama yang rutin digelar tiap bulan ramadhan.

“Kegiatan Pesantren Bersama ini merupakan kerja bareng seluruh guru dalam Kelompok Kerja Guru MI se-Kecamatan Mantingan yang sudah 3 kali dilaksanakan pada bulan ramadhan dengan tuan rumah secara bergiliran,” terang ketua panitia, Sunardi, S.Pd dalam sambutannya.

Sunardi menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak, khususnya Kepala Desa dan Kepala MI Awaliyah Desa Bulakgadungan yang menjadi tuan rumah pada tahun ini. Iapun berharap semoga dengan kegiatan ini bisa mendidik anak-anak ber-akhlaqulkarimah dan menjadi generasi qur’ani.

Mengusung tema “Ramadhan menjadi Sarana Meng-estafetkan nilai-nilai qur’ani”, kegiatan ini terdiri dari beberapa program. Ada program kegiatan unggulan yaitu TIAMAKATA (tilawah, arti, makna per kata dan tajwid), semacam teknik membaca Alquran secara komprehesif akan diajarkan kepada anak-anak.

Selain itu, nilai-nilai kemandirian dan semangat kebersamaan menjadi hal penting yang harus ditanamkan dalam acara ini. Terlihat para peserta sangat gembira mendapatkan banyak ilmu, wawasan, dan teman-teman dari sekolah lain.

Selama 3 hari seluruh peserta disibukkan dengan berbagai kegiatan mulai pagi hingga malam hari seperti sahur, sholat berjamaah, olahraga, tilawah Alquran, kajian makna dan tajwid Alquran, teknik hafalan Alquran, penguatan ibadah, sholat-sholat sunah, pengetahuan agama, pemutaran film religi hingga pengetahuan umum dan lain sebagainya.

Sementara itu, panitia yang lain, Eko Budianto menjelaskan bahwa untuk kelancaran kegiatan, tak kurang dari 52 guru dari tim KKG MI Mantingan ditugaskan untuk mendampingi dan membimbing para peserta selama kegiatan berlangsung dari awal hingga selesai tanpa ada masalah.(kn/Alfa)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest