Perawatan Gigi Usia Di atas 30 Tahun

Dikirim oleh : Andri
Pada : 01-09-2016
Konsultasi : Kesehatan

Pertanyaan:
Selamat malam KampoengNgawi
Saya punya gigi yang sudah banyak berlubang, di bagian geraham bahkan sudah ada yang tinggal sedikit giginya, kira – kira bagaimana saya harus memulai perawatan dok? Usia saya sudah diatas 30 tahun.

Terimakasih


Terimakasih Bapak Andri telah bertanya. Saya sudah sering mendengar pertanyaan seperti ini pada saat praktik.

Kondisi gigi yang berlubang dan gigi yang tinggal tunggaknya adalah salah satu fokus yang harus diperhatikan untuk perawatan khususnya bagi siapapun yang berusia di atas 30 tahun.

Dalam perawatan gigi ada beberapa klasifikasi gigi. Perawatan kesehatan gigi pada dasarnya sama secara umum. Perawatan meliputi tahapan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Dalam promotif dilakukan edukasi seperti menyikat gigi 2x sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Menyikat gigi memutar dari gusi ke gigi. Dan menggunakan pasta gigi. Mengganti sikat rutin. Rutin mmriksakan gigi.

Preventif meliputi perawatan pencegahan, gigi2 dilapisi fluor agar tidak mudah berlubang. Kuratif dengan perawatan pengobatan saat keadaan gigi sudah terkena penyakit. Seperti gigi kehitaman, gigi berlubang, ngilu. Atau sakit. Sedangkan Rehabilitatif perawatan pengembalian fungsi, apabila keadaan gigi yang sudah tinggal sisa atau sudah tidak ada gigi.

Dalam kasus yang bapak alami. Perawatan Gigi Usia Di atas 30 Tahun khususnya Keadaan gigi yang tinggal sisa akarnya adalah sumber infeksi.

Infeksi pada gigi pada dasarnya tidak berbeda dengan infeksi dengan bagian lain hanya pengkhususan karena infeksi gigi tidak bisa sembuh dengan sendirinya karena jaringan keras gigi yang sangat keras namun ketika sekali lubang tidak bisa bisa menutup dengan sendirinya seperti jaringan tubuh lain.

Infeksi dari gigi bisa masuk ke peredaran darah dan bakteri dapat merusak organ2 tubuh lain. Seperti jantung, paru, janin, dll. Dalam kasus gigi tinggal tunggaknya perawatan terbaik dilakukan pencabutan kemudian dilakukan perawatan rehabilitatif.

Saya bangga dengan bapak yang sudah mau bertanya. Dalam menjaga kesehatan dibutuhkan kesadaran dan dalam kasus ini bapak sudah baik. Bapak hanya harus memberanikan dan menyempatkan waktu untuk merawat diri sebagai bagian dari ibadah menjaga kesehatan.

Saya lebih menyukai perawatan preventif dan kuratif. Saya reomendasikan saat bapak merawat gigi utamakan gigi yang masih bisa ditambal untuk ditambal, kemudian dilakukan perawatan pada gigi yang tinggal tunggaknya.

Pada usia 30-40an banyak pasien yang mempunyai keluhan seperti bapak. Hal ini berkebalikan dengan kondisi finansial. Usia – usia rentang tersebut adalah umur mapan. Tapi kesehatan umum maupun gigi sangat tren sekarang diderita pada usia tersebut. Makanan yang harusnya nikmat jadi tidak bisa dinikmati sementara finansial mencukupi. tidak ada yang terlambat untuk memeriksakan kesehatan bapak.

Semoga cepat sembuh dan senantiasa sehat. ?


Pengasuh Konsultasi Kesehatan :
drg. Fatkhur Rizqi
Tim Dokter KampoengKlinik
Tim Dokter KampoengEdukasi

Mau Konsultasi Gratis??? Silakan kirim pertanyaanmu ke redaksi@kampoengngawi.com dengan subject : KONSULTASI dan temukan sharing dari pakarnya nya disini..

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest