Lambang Kabupaten Ngawi

Setiap daerah di Indonesia maupun di luar negeri selalu mempunyai simbol/ lambang yang dijadikan sebuah hal yang mewakili filosofi dari sebuah daerah tersebut. Seperti hal nya Lambang Daerah Kabupaten Ngawi yang ditetapkan Berdasarkan Peraturan Daerah No. 7 Tahun 1968 pada tanggal 24 Juli 1968. Berikut ini kita uraikan Arti dan Makna Lambang Kabupaten Ngawi :

Artikulasi Warna dan Gambar :

I. Warna :

Warna Putih artinya : Kesucian
Warna Kuning artinya : Kemasyhuran
Warna Merah artinya : Patriotik, Kebranian
Warna Hijau artinya : Kemakmuran
Warna Hitam artinya : Stabilitas, Ketangguhan

II. Gambar :

  1. Bintang bersudut lima : Melambangkan pancaran Berketuhanan Yang Maha Esa.

  2. Api yang menyala dengan lidahnya lima buah berwarna kuning dan bertepi merah : Melambangkan pancaran semangat Pancasila yang senantiasa menerangi dan menjiwai penghidupan dan perjuangan Daerah Kabupaten Ngawi.

  3. Sebuah tulang batok kepala dan tulang paha berwarna kuning didalam lingkaran berwarna merah terletak ditengah-tengan lambang :
    Melambangkan bahwa nama Ngawi dikenal dan dicatat dalam dunia keilmuan arkeologi dengan diketemukannya sebuah tulang batok kepala dan tulang paha dari mahkul purba Pithecanthropus Erectus pada tahun 1891 oleh Dr.Eugene Dubois di desa Trinil Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi.

  4. Garis lebar melintang berlekuk-lekuk dan bergelombang bagian atas berwarna putih dan yang bawah berwarna kuning, dari sebelah kiri menuju ketengah dan dari sebelah kanan menuju ketengah lalu bertemu menjadi satu : Melambangkan bahwa Ibu Kota daerah Kabupaten Ngawi terletak didaerah pertemuan dua buah sungai (bengawan Solo berwarna putih dan Bengawan Madiun berwarna kuning).

  5. Kelompok pepohonan berwarna hijau : Melambangkan bahwa daerah Kabupaten Ngawi dikenal dengan daerah hutan jati yang memberikan hasil kemakmuran.

  6. Tulisan NGAWI terletak pada dasar berwarna putih bagian kanan dan kiri berlekuk dan melengkung di bagian tengahnya :
    Melambangkan Wilayah Daerah Kabupaten Ngawi terdiri daerah pegunungan (kendeng) dan lereng Gunung (lawu) serta dataran rendah.

  7. Padi dan Kapas berwarna kuning dan putih di bagian samping kanan dan kiri dari kedua sudut bintang:
    Melambangkan bahwa berkat ketaqwaan kepada Alloh SWT membawa masyarakat Kabupaten Ngawi kepada ketahanan dan kesempurnaan di bidang pangan, sandang bagi kemakmuran yang adil dan merata.

  8. Perisai sebagai latar belakang dari lambang berwarna hitam dan bertepi merah dengan didalamnya terdapat padi dan kapas masing-masing berjumlah tujuh belas, pohon jati berjumlah delapan batang dan lekuk daun jati berjumlah empat puluh lima ; Melambangkan semangat pertahan yang patriotic bagi ketangguhan dan stabilitas Daerah Kabupaten Ngawi yang merupakan bagian dari Negara Republik Indonesia