Kegiatan Untuk Tim yang Solid

Dikirim oleh : Tyas | Pada : 20-08-2016

Pertanyaan:
Selamat Sore KampoengNgawi
Saya salah satu pengurus osis salah satu SMA Negeri di Ngawi, untuk sebuah tim yang solid, kira – kira kita bisa mengadakan sebuah kegiatan yang seperti apa saja dan bagaimana kemasan acaranya?

Terimakasih


Dalam suatu organisasi apapun, akan selalu diharapkan terciptanya tim kerja dengan kerjasama yang kompak nan solid. Tak hanya efektif, kerjasama tim yang kompak dan solid juga akan menciptakan suatu pertumbuhan positif di dalam organisasi. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membangun kerjasama tim seperti yang anda harapkan. Nah, cara apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan Menentukan TUJUAN Secara Spesifik, untuk apa tim tersebut dibentuk? Apa target kegiatannya? Siapa yang ditargetkan? Hal ini sangat berguna bagi tim kerja untuk mengetahui di titik mana mereka harus mencapai target? Dengan begitu mereka secara jelas dapat mengkomunikasikan strategi-strategi yang akan dilakukan antar anggotanya.

    Jika di dalam suatu tim tidak terdapat tujuan yang jelas, bagaimana mereka akan menjalankan tugasnya, bagaimana mereka akan mengkomunikasikan strategi-strateginya. Bisa jadi mereka akan menggunakan keegoisannya untuk menjalankan tugasnya karena tidak memiliki tujuan yang jelas. Tujuan bagaikan pedoman, jadi jangan biarkan tim anda buta akan pedoman yang jelas.

  2. Membuat Budaya Saling Menghormati dan Saling Percaya
    Adanya rasa saling menghormati dan percaya akan menciptakan hubungan yang harmonis di dalam tim, dan akhirnya juga akan membentuk kerjasama tim yang solid. Sekecil apapun rasa hormat dan percaya, pasti akan berdampak pada keharmonisan, jadi jangan ragu untuk memulainya.

  3. Membiasakan Terbuka Terhadap Ide – Ide Yang Baru
    Ada kalanya anggota tim memiliki pemikiran-pemikiran atau ide yang menurut mereka yang terbaik untuk dilakukan. Ketika seorang anggota mengungkapkan idenya kepada anda, di sini anda harus terbuka kepadanya.

  4. Membuat Kegiatan Di Luar Formal Organisasi
    Nah, ini mungkin yang akan menjadi hiburan bagi semua pihak. Kegiatan di luar kegiatan formal organisasi , artinya suatu kegiatan yang lepas dari beratnya beban organisasi , tingginya tekanan organisasi, dan stresnya kegiatan organisasi . Ada banyak cara untuk melakukan hal ini, seperti wisata bersama, makan malam di angkringan bersama, mengadakan pesta, dan lain-lain. Hal ini baik untuk dilakukan setidaknya 2 atau 3 kali dalam setahun, atau bisa juga setelah program – program tertentu sudah terselesaikan.

Kegiatan Untuk Tim yang Solid. Contoh pelatihan, harus ada pelatihan yang intens sehingga akan tercipta pula komunikasi yang baik. Anggota junior dan senior akan sama-sama saling mengenal lebih dekat, dan ini sangatlah baik. Dalam hal ini anda bisa juga berkonsultasi secara mendalam salah satunya dengan Kampoeng Edukasi untuk mengadakan kegiatan Outings melalui petualangan di alam terbuka yang menyenangkan juga untuk membina Team building.


#TanyaKampoeng – Pelatihan dan Edukasi :
Wijang Sri Isnandita
Direktur KampoengEdukasi
Dewan Pembina KampoengSmuda
Korps Instruktur Muda Yogyakarta

Mau Ikutan #TanyaKampoeng ??? Silakan kirim pertanyaan kamu ke tanya@kampoengngawi.com dengan subject : TanyaKampoeng dan temukan sharing dari pakarnya nya disini..

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com