15 Destinasi Wisata Air Pilihan di Kabupaten Ngawi

Suasana Wisata Jahe Klenting di Pagi Hari. Foto-Istimewa

NGAWI — Hampir setiap orang suka berwisata dengan wahana air, baik yang merupakan wisata alam maupun buatan dengan berbagai keunggulan dan fasilitas pendukungnya.

Kabupaten Ngawi memiliki beberapa destinasi wisata pilihan yang menggunakan wahana air sebagai daya tariknya, sedikitnya ada 15 lokasi yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

Inilah 15 Destinasi Wisata Air Pilihan di Kabupaten Ngawi,

  1. Taman Banyu Redjo Park.
    Berlokasi di Jl. Raya Kedunggalar KM.3 Jenggrik, Kedunggalar, Ngawi. Di wahana ini kamu bisa renang asyik atau sekedar foto hits kekinian, karena berbagai sudutnya memang instagramable.
  2. Wisata Tirta & Kuliner Jahe Klenting
    Wisata ini berada di atas tanah pribadi seluas 1000 m2 milik Suwardi, seorang pengusaha ukiran kayu jati di Sidowayah. Penamaan Jahe Klenting ini merupakan kenangan jaman kecil Suwardi yang kini berusia 58 tahun. Ketika itu ia melihat penjual jahe di kampungnya dengan menggunakan klenting (gerabah).
  3. Gayam Park
    Alternatif liburan bersama keluarga di Ngawi di Desa Gayam, Kecamatan Kendal yang menonjolkan kolam renang anak dan dewasa dengan pesona pemandangan gunung Lawu yang sungguh eksotik.
  4. Pemandian dan Resto Hargo Dumilah
    Pemandian dan Resto Hargo Dumilah berada di lereng utara Gunung Lawu, tepatnya di Desa Setono, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi atau kurang lebih 30 Km sebelah selatan kota Ngawi-Jawa Timur. Kerindangan pohon jati yang berjajar ditepi kolam pemandian menambah anggunnya suasana serta suasana berasa lebih asri.
  5. Taman Wisata Tawun
    Tawun merupakan salah satu tempat wisata yang sudah cukup dikenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar Ngawi yang berlokasi di Jl. Ngawi – Caruban, Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi. Objek wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, kolam renang, wahana kolam renang anak-anak berupa Waterboom, balok loncat, sarana olahraga, arena memancing, dan juga arena bermain.
  6. Tirtonirmolo Waterpark
    Taman Air Tirtonirmolo Ngawi ini berlokasi di Jalan Raya Ngawi-Madiun Km 6, desa Tempuran, kecamatan Paron, Ngawi, Jawa Timur. Buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Letaknya setrategis, bisa diakses segala usia, dewasa hingga balita.
  7. Kolam Renang Selo Ondo
    Bumi Perkemahan Selo Ondo terletak di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, berjarak 30 Km dari pusat kota Ngawi dengan fasilitas berupa Kolam Renang, River Tubing Anak, dan Pemandangan Hutan Pinus.
  8. Taman Bambu Air Sangiran
    Selain dijadikan tempat pemancingan dan wisata kuliner, terdapat pula Taman Bambu Air di area waduk ini yang menarik perhatian. Namun sayangnya, untuk saat ini Taman Bambu Air hanya bisa dijadikan pemandangan saja.
  9. Waduk Pondok
    Waduk Pondok mulai dibangun sekitar tahun 1992-1997 yang digunakan untuk pengairan tiga kecamatan (Bringin, Padas, dan Pangkur) ramai dikunjungi para wisatawan dijadikan tempat pemancingan dan wisata kuliner. Selain ada wahana jet ski, tempat ini dilengkapi dengan taman wisata selfie yang instagrammable.
  10. Air Terjun Srambang
    Air Terjun Srambang terletak di lereng Gunung Lawu, di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Objek tersebut berada di tengah hutan pinus yang dikelola Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds, tepatnya di RPH Manyol, BKPH Lawu Utara, 40 kilometer dari pusat Kota Ngawi. Saat ini air terjun ini dilengkapi dengan taman wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.
  11. Air Terjun Teleng
    Lokasi lebih tepatnya yakni melalui Hutan Pinus deket kolam renang Selondo ke barat lurus mengikuti aliran sungai/tebing sekitar 1,5 Km. Air Terjunnya cukup tenang dengan panorama hijau di sekitarnya yang sejuk.
  12. Air Terjun Pengantin
    Air terjun ini berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi dengan ketinggian sekitar 12 meter. Keunikan dari air terjun ini adalah berasal dari sumber yang berbeda dari lereng Gunung Lawu dan bersandingan layaknya pengantin. Ada spot Jembatan Cinta dan Jembatan Kapal di Air Terjun Pengantin ini yang menambah keseruan di lokasi.
  13. Air Terjun Suwono
    Air Terjun berada di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur. Suasana pedesaan yang sangat sejuk dan juga kondisi alam yang alami, menambah daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam untuk menikmati keindahan alam pegunungan.
  14. Cunthang River Tubing
    Wahana wisata River Tubing di Kali Cunthang begitu menggoda para wisatawan untuk mencoba sensasi bermain di air dengan pemandangan yang elok nan menawan. Wahana ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ngrayudan yang diresmikan pada bulan Mei 2017 lalu.
  15. Kali Alas Ketonggo
    Kali Alas Ketonggo Ngawi ini terletak di areal alas ketonggo, 12 kilometer arah selatan Kota Ngawi, Jawa Timur. Kali Alas Ketonggo Ngawi menjadi salah satu dari 10 tempat “khusus” yang dijadikan para pencari “ilmu” melakukan meditasi spiritualnya. Menikmati segarnya air Kali Tempur Sedalem, sebutan yang biasa digunakan masyarakat setempat adalah sebuah kasyikan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Itulah 15 Destinasi Wisata Air Pilihan di Kabupaten Ngawi yang bisa menjadi alternatif liburan Anda saat berkunjung di Kabupaten Ngawi. Destinasi beberapa wisata Ngawi bisa juga kamu lihat di aplikasi Wisata Ngawi di Google Play Store yang bisa Anda unduh dengan gratis. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com