25 OPD Ngawi Ikuti Sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah

25 SKPD Ngawi ikuti Sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah di Ngawi Command Center, Kamis (03/05). Foto-Istimewa

NGAWI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ngawi mengundang seluruh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Ngawi dalam agenda Sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah, Kamis (03/05/2018) di Ngawi Command Center.

Dimulai dari jam 9 pagi perwakilan dari 25 OPD Ngawi Ikuti Sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang dibawakan oleh pemateri dari Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi (Bappeprov) Jawa Timur.

SIPD merupakan sebuah sistem informasi yang dapat berjalan secara online untuk memudahkan mengakses data di mana saja dan kapan saja. SIPD memberikan sebuah gambaran kinerja organisasi yang akurat dalam pengambilan keputusan dan dimanfaatkan untuk memantau perkembangan pemerintah.

Berdasarkan Permendagri nomor 8 Tahun 2014, SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah.

SIPD ini terdiri dari 8 (delapan) Kelompok data. Tiap kelompok data diuraikan ke dalam jenis data. Pengumpulan data di daerah bersumber dari data yang dimiliki oleh seluruh SKPD dan/atau sumber lainnya yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan. Delapan Kelompok data tersebut adalah : Data Umum, Sosial Budaya, Sumber Daya Manusia, Infrastruktur, Ekonomi, Keuangan Daerah, Politik Hukum dan Keamanan, serta Insidensial.

SIPD berfungsi sebagai sebuah jejaring dalam pengumpulan data secara terpadu, realtime dan online di pusat dan daerah dengan menggunakan teknologi informasi, sebagai dukungan dalam perencanaan program dan kegiatan serta evaluasi pembangunan daerah secara rasional, efektif dan efisien. Tentunya Sistem informasi tersebut dapat juga digunakan untuk mendukung integrasi pemanfaatan data terkait dengan Perkembangan Pembangunan pada masing-masing instansi pemerintah.

Fungsi lainnya SIPD adalah sebagai media akuntabilitas publik yang memungkinkan masyarakat mengevaluasi kinerja pemerintah, mengevaluasi program-program pembangunan, dan sekaligus mengevaluasi capaian-capaian pembangunan.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud pula menuju Ngawi Smart City yang telah dicanangkan programnya dari beberapa tahun lalu. (kn/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com