Berbekal Hafidz Quran Muhammad Sahal Diterima di UNY

Foto Paling kanan, Berbekal Hafidz Quran Muhammad Sahal Diterima di UNY. Foto-IG/Sahal.Alba22


NGAWI – Namanya lengkapnya adalah Muhammad Sahal Al Bakasiy, biasa dipanggil Sahal. Anak pertama dari 6 bersaudara ini adalah warga asli Ngawi, tepatnya dari Karangjati.

Sahal adalah salah satu siswa yang baru saja lulus tingkat Sekolah Menengah Atas tahun 2017 ini. Seperti kebanyakan siswa yang baru lulus, dia juga mencoba untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan juga Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN).

Kedua jalur seleksi itu gagal ia lalui. Sahal harus bersabar dan berusaha dengan jalan lain untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Informasi dari internet dan teman – teman dari kerabat ia cari dan mendapati bahwa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuka pendaftaran jalur prestasi.

Sahal dengan kemampuan menghafal quran mencoba mendaftar di UNY, prestasi yang ia jaminkan adalah hafalan AlQuran. Jika Tuhan berkehendak, maka itulah yang terbaik, putra pasangan Imron Rosyidi dan M. Muttaqwiati lolos masuk seleksi jalur prestasi UNY dengan memiliki hafalan Alquran.

“Alhamdulillah UNY menerima dan memberikan kesempatan untuk mahasiswa yang memiliki hafalan Qur’an dengan berbagai pertimbangan,” ungkap Sahal kepada redaksi KampoengNgawi.

Berbekal Hafidz Quran Muhammad Sahal Diterima di UNY. Seperti yang ia jelaskan, UNY memang sedang mensupport dan menjaring para mahasiswa yang memiliki hafalan Qur’an. Hal ini tak lain karena para penghafal Quran itu sesuai dengan visi UNY yang Taqwa, Mandiri, dan Cendekia.

“Waktu itu saya melampirkan hafalan 12 juz, saya masuk tanpa tes lain, hanya melampirkan ijazah hafalan Al-Quran,” ungkap lulusan SMA Tahfidz Al-Amien Prenduan Madura ini.

Inilah potret anak muda yang membanggakan, patut untuk ditiru para pelajar masa kini, bahwa kita bisa masuk perguruan tinggi dengan prestasi hafidz quran. Ternyata saudara – saudara dari Sahal ini semuanya hafidz quran, saat ini, adik pertama sudah hafidz 30 Juz, adik keduanya 27 juz, dan adik ketiganya 3 juz. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com