Bupati Ngawi : Sendang Tawun Adalah Hasil Permohonan Masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa

Upacara Adat Keduk Beji Sendang Tawun Ngawi, Selasa (13/08/2019). Foto : KampoengNgawi.com/Fri

NGAWI — Salah satu rangkaian agenda perayaan Hari Jadi Ngawi ke-661 tahun adalah pelaksanaan Upacara Adat Keduk Beji Sendang Tawun, Selasa (13/08/2019).

Bupati Ir. Budi Sulistyono dan Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar hadir dan turut terlibat dalam prosesi keduk beji yang dilakukan oleh sesepuh setempat.

Sebagaimana disampaikan oleh Kanang, panggilan akrab bupati Ngawi, bahwa keberadaan sumber air yang memberikan keberkahan bagi masyarakat desa Tawun dan sekitarnya ini merupakan bentuk anugerah dari Tuhan dari hasil permohonan para leluhur.

“Bahwasanya konon menurut legenda, sumber air ini tidak hanya datang begitu saja, tapi masyarakat yang saat itu kekeringan, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar mendapatkan air dari Alloh SWT,” ujar Kanang.


Upacara Adat Keduk Beji menjadi salah satu wisata budaya kabupaten Ngawi yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun pada hari Selasa Kliwon atau biasa digelar setiap masa panen raya. Ritual budaya ini sebagai sarana penghormatan kepada Eyang Ludro Joyo atas sumber penghidupan Keduk Beji. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com