Di Balik Ayem Tentrem “Harmoni Lego Ku” Batik Ngawi

Di Balik Ayem Tentrem “Harmoni Lego Ku” Batik Ngawi. Foto-Tofa


NGAWI – Ngawi Batik Fashion 2017 yang terselenggara pada tanggal 21-22 Juli 2017 kemarin merupakan ajang kreatifitas para desainer yang berasal dari Ngawi maupun luar Ngawi. Mereka mengkreasikan dan mempadu-padankan konsep batik Ngawi yang memang kaya warna dan motif sebagai gaun yang indah.

Seperti halnya sebuah kreatifitas karya – karya yang ditampilkan dari seorang desainer muda, Imam Musthafa Sudarno, yang merupakan desainer asli Ngawi ini menampilkan tema Archean yang memiliki arti bentukan dari bumi dalam ajang pameran tingkat nasional ini.

Tofa Anglo, sapaan akrab pemilik brand Aiwesa ini menyuguhkan 6 outfit busana muslim yang menggunakan bahan batik warna alam, ecoprint, shibori, organsa, dan katun. Ia menampilkan karya – karyanya dengan nuansa warna biru putih.



Di Balik Ayem Tentrem “Harmoni Lego Ku” Batik Ngawi, Tofa mengaku terinspirasi dari sebuah persembahan wujud rasa syukur atas kekayaan alam yg diberikan Tuhan, keharmonisan warga desa guyub rukun, serta ragam motif flora desa.

“Dalam show kali ini saya ingin mengingatkan masyarakat untuk selalu bersyukur, agar tercipta kepuasan (lego), dengan mempresentasikan ragam bentuk khas Ngawi seperti bambu, dedaunan, akar, pematang sawah, kripik tempe dan motif purba khas kabupaten Ngawi,” ungkap Tofa.

Ia juga menambahkan bahwa motif – motif yang ia tampilkan, diolah dengan teknik batik tulis, batik cap, shibori, ecoprint dan warna alam, dan tetap memperhatikan unsur Art, Fashion, serta Sains.

Selain berarti puas, kata “lego” adalah nama desa Tofa yaitu Desa Legokulon, Kecamatan Kasreman. Desa yang menurutnya memiliki kondisi yang nyaman, ayem tentrem, dan guyub rukun. (kn/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com