Dian Oerip Menjadi Salah Satu Penerima Icon Prestasi Pancasila Tahun 2019

Dian Erra Kumalasari (Dian Oerip). Foto : Dok. Pribadi

NGAWI — Dian Erra Kumalasari atau biasa disebut Dian Oerip, desainer asal kabupaten Ngawi pemilik brand Oerip Indonesia menjadi salah satu pemerima Icon Prestasi Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

Sebagai seorang kreator yang telah banyak menampilkan karyanya di dunia internasional, Dian masuk dalam kategori Seni Budaya dan Kreatif bersama dengan beberapa nama yang sudah tidak asing seperti Iwan Fals, Ki Manteb Sudarsono, Eros Candra, Adie MS, dan lainnya.

“Wowww sungguh tidak kuduga bertepatan HUT RI, saya menjadi bagian dari 74 orang icon prestasi pancasila bersama Iwan Fals jugaa, duhhh deg degan,” tulis Dian di laman Facebooknya.

Dian awalnya mengaku cuek saat dihubungi oleh pihak BPIP, karena masih tidak “ngeh” jika dirinya masuk dalam nominasi Icon Prestasi Pancasila tahun 2019.

Di tahun 2019 ini, ada 74 nama yang akan menerima penghargaan sebagai Icon Prestasi Pancasila. BPIP menyebutkan 74 penerima Icon Prestasi Pancasila yang berasal dari berbagai bidang dan dari berbagai usia ini telah melalui proses penyaringan yang cukup ketat.

Menurut jadwal penghargaan akan diberikan oleh Presiden Joko Widodo dalam malam “Konser Kebangsaan” yang diselenggarakan di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (19/08/2019) mendatang dan disiarkan langsung melalui TVRI pukul 19.00 WIB.

Terkait kategori atau kriteria, Plt Kepala BPIP, Hariyono menjelaskan ada berbagai tahapan seleksi yang terdiri dari input data calon penerima apresiasi, verifikasi data calon penerima, dan rapat pleno. Hasil penjaringan dibagi ke dalam empat kategori yaitu sains dan inovasi, olahraga, seni dan budaya termasuk social preneur.

Pihaknya menambahkan bahwa ada 74 individu penerima dan termasuk lembaga apresiasi Pancasila. Jumlah 74 individu itu sejalan dengan usia Kemerdekaan Repubil Indonesia, sedangkan kriteriaanya melihat sumbangsih dan pengabdiannya di tingkat nasional maupun internasional. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com