DPPTK Ngawi Berikan Pelatihan Keterampilan Guna Menekan Angka Pengangguran di Ngawi

Pembukaan Pelatihan Keterampilan dan Pengelolaan Pasar Desa. Foto : Setda Ngawi

NGAWI — Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Tenaga Kerja (DPPTK) kabupaten Ngawi menggelar pelatihan keterampilan dan pengelolaan pasar tahun 2020 di Aula Cakra Bakti Praja yang dibuka mulai Senin (09/03/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar dan melibatkan 90 peserta pelatihan keterampilan dan 150 peserta pengelolaan pasar desa dengan harapan mampu menekan angka pengangguran di kabupaten Ngawi yang masih cukup tinggi.

Dalam keterangannya, Ony Anwar menyebutkan bahwa saat ini angka pengangguran di Ngawi masih mencapai 3,7 % dari total jumlah penduduk usia angkatan kerja yakni sekitar 17 ribu penduduk.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemkab mengingat angka pengangguran terbuka masih tinggi,” ujarnya usai membuka pelatihan.

Menurut Wakil Bupati Ngawi dua periode tersebut, apabila upaya seperti ini terus dilakukan, pihaknya yakin angka tingkat pengangguran terbuka bisa ditekan dan dimungkinkan akan muncul wirausaha baru yang dapat menyerap tenaga kerja.

Lebih lanjut dikatakan oleh Ony, kegiatan pelatihan seperti ini tentu harus ada tindak lanjut khususnya terkait terbentuknya wirausaha maupun kegiatan ekonomi kreatif baru. Pihak Kementerian biasanya juga memberikan fasilitas pendukung.

Baca Juga :   Wakil Bupati Resmikan Gedung Dakwah Muhammadiyah Ngawi

Pelatihan yang diselenggarakan oleh DPPTK Ngawi ini terbagi dalam tiga kompetensi keterampilan di antaranya, tata boga, tata rias, dan mobile apps programming dan dikelompokkan menjadi dya bagian, yakni sebagai pembuka usaha baru secara mandiri dan tenaga siap kerja.

DPPTK Ngawi Berikan Pelatihan Keterampilan Guna Menekan Angka Pengangguran di Ngawi. Kepala DPPTK Ngawi Yusuf Rosyadi menyampaikan bahwa pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan untuk memberikan kesempatan lulusan pelatihan keterampilan itu agar dapat ditampung sebagai pekerja

Sementara itu, selain pelatihan keterampilan ini, DPPTK Ngawi membekali ratusan pengelola pasar desa juga kepala desa untuk meningkatkan pemberdayaan pasar desa melalui sistem yang terstandardisasi. Yakni, pasar yang bersih, sehat, dan nyaman. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com