Gali Eksistensi “Boso Katengko” Khas Ngawi , Gilang Sebarkan Kuisioner Ini

Gali Eksistensi “Boso Katengko” Khas Ngawi , Gilang Sebarkan Kuisioner Ini. Ilustrasi-drury.edu/


Boso Katengko, sebuah bahasa yang menurut informasi dari berbagai sumber yang dikumpulkan merupakan bahasa yang telah eksis tahun 1950-an di Ngawi. Namun secara historis masih belum menemui konsensus final.

Adalah Gilang Maulana Majid, salah satu mahasiswa S2 jurusan Southeast Asian Studies di Goethe Universität Frankfurt, Jerman ini mencoba untuk menggali kembali eksistensi dari bahasa itu. Penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Republik Indonesia Persiapan Keberangkatan (PK)-102 itu berusaha menelusuri ulang fenomena keberadaan, persebaran, serta penggunaan bahasa ini di kalangan masyarakat Ngawi.

Menurut Gilang, hal ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai sebuah pendekatan kembali. Berapa banyak masyarakat Ngawi yang mengenal adanya bahasa yang dipercaya muncul dari daerah Karangtengah Kota ini, dan apakah bisa dianggap sebagai salah satu bentuk budaya?

Untuk menjawab semua hal itu, lulusan Sastra Inggris Universitas Brawijaya yang juga salah satu Dimas Kabupaten Ngawi ini mencoba memberikan kuisioner kepada seluruh warga Ngawi. Sedikitnya ada 9 pokok pertayaan yang disampaikan Gilang dalam kuisioner yang akan dibuka hingga 30 November 2017 nanti.

Ia jelaskan bahwa ini merupakan permulaan untuk melakukan identifikasi masalah yang kemudian nantinya akan diputuskan apakah data yang diperoleh dapat mencukupi syarat minimum untuk dijadikan sebagai opsi tema tesisnya. Dari hasil tinjauan yang diperoleh, ia pun berharap dapat memperkaya khazanah budaya lokal Ngawi – tentunya setelah melalui proses kajian ilmiah dengan penerapan teori dan pendekatan.

Adapun syarat yang harus dipenuhi sebelum ikut berpartisipasi, adalah sebagai berikut:

  1. Warga Ngawi, baik lokal maupun pendatang; atau pernah tinggal di Ngawi,
  2. Berusia minimal 8 tahun,
  3. Bersedia mengisi kuesioner dengan sebenar-benarnya.

Berikut Link Kuisioner dari Gilang Maulana Majid untuk Menjajaki Kembali Boso Katengko di Ngawi, Jawa Timur : http://bit.ly/JajakiBosoKatengkoNgawi. Isi dan lengkapi jika kamu memenuhi 3 syarat di atas untuk membantu Gilang dan juga menjajaki keberadaan Boso Katengko ini. (kn/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com