Gelora Nasionalisme Desa Sambiroto Padas

Rasa nasionalisme memang harus senantiasa ditumbuhkan dan dilekatkan dalam jiwa setiap warga negara, tak terkecuali untuk warga masyarakat desa yang setiap hari bergelut dengan rutinitas sebagai petani, penggembala domba, pedagang cilok, buruh serabutan, ibu rumah tangga bahkan rakyat jelata sekalipun. Memupuk jiwa nasionalisme memang tidak mudah, namun dengan kegiatan Lomba Gerak Jalan Antar RT dalam rangka menyemarakkan Dirgahayu Kemerdekaan RI yang ke-71 di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi buktinya bisa dibilang sukses dalam mendidik warga masyarakat untuk sejenak mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi masa depan bangsa yang merdeka dan berdaulat. Inilah Gelora Nasionalisme Desa Sambiroto Padas.

Menurut narasumber yang merupakan tokoh penting pemuda setempat Mas Sriwanto SE, kegiatan lomba gerak jalan ini dilaksanakan tepatnya pada hari Senin, 22 Agustus 2016 mulai jam 14.00 hingga jam 17.00 waktu setempat dengan start dari jalan utama masuk desa (samping alfamart) ke arah utara dan finish di sebelah utara Balai Desa Sambiroto. Jaraknya tidak terlalu jauh memang bila dibandingkan dengan Gerak Jalan Ngawi-Soeryo yang rutin dilaksanakan oleh Pemkab Ngawi, ya mungkin sekitar 1 km, tapi rasa lelah dan capek ternyata cukup menguras energi khususnya peserta dari ibu-ibu rumah tangga.

Kegiatan yang merupakan salah satu program kerja dari Bapak Kepala Desa Sri Mulyono ini bisa dibilang sukses dan lancar, buktinya peserta dari seluruh RT bisa ikut andil dan memeriahkan acara yang baru kali ini diadakan di desa. Ada 18 regu dari kaum adam, dan dari kaum hawa tak mau kalah, 19 regu dari para ibu-ibu rumah tangga, kelompok yasinan/arisan bahkan tak ketinggalan para pedagang sayur yang tiap hari setia berkeliling dengan rombongnya. Rasa bangga terpancar dari seluruh peserta, ketika Bapak Camat Padas Harsoyo, SE, MSi dan Ketua DPRD Ngawi Bapak Dwi Rianto Jatmiko juga hadir mengobarkan semangat di tengah-tengah hentakan aba-aba keberangkatan saat terik matahari bersinar memanggang kobaran nasionalisme warga masyarakat desa. Dalam sambutannya, Mas Antok, demikian panggilan akrab Ketua DPRD Ngawi ini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk seluruh warga desa yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini dan beliau berharap bahwa kegiatan-kegiatan serupa baiknya rutin diselengarakan pada momen-momen bersejarah untuk mengenang nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan.

Kemeriahan lomba gerak jalan ini berhasil menyedot perhatian seluruh warga masyarakat dari berbagai desa sekitarnya, hal ini karena para peserta memakai kostum yang unik-unik dan istimewa di bandingkan dengan gerak jalan formal lainnya. Ada regu yang berseragam seperti para pejuang, gerombolan badut, kaum terpelajar, para priyayi dan abdi kerajaan, grup dance cewek-cewek seksi, bahkan ada juga yang memakai dedaunan seperti suku anak pedalaman rimba. Sang ketua panitia, Bapak Sunadianto S.Pd, M.Si memang kreatif dan penuh semangat dalam mengawal seluruh kegiatan untuk menghibur sekaligus memeriahkan perayaan agustusan di desa meskipun dengan dana yang sangat terbatas, beliau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan warga masyarakat atas sukesnya kegiatan ini. Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta gerak jalan yang berhasil menjadi juara disiapkan hadiah menarik dari panitia yang akan diberikan pada malam puncak resepsi perayaan agustusan di Lapangan Desa Sambiroto pada hari Jumat, 26 Agustus 2016 jam 19.00 sekaligus menyuguhkan aneka pentas seni hiburan.(alfa)

Foto : Sriwanto, SE (tokoh pemuda)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com