Kanang Tetap Komitmen Restorasi Kepatihan

Dokumentasi Eks Kepatihan Ngawi- Artikel : Pemkab Ngawi Selamatkan Warisan Budaya.


NGAWI – Budi Sulistyono (Kanang) Bupati Ngawi kembali menegaskan eks Kepatihan di Jalan Patio Unus, Kelurahan Ketanggi, Kecamatan Ngawi Kota, tetap akan dijadikan sebagai destinasi wisata di Kota Bambu ini. Tentunya, keberadaan aset bernilai sejarah tersebut harus segera dilakukan restorasi total dengan catatan tidak menghilangkan bentuk asli bangunan yang telah berusia ratusan tahun ini.

“Melihat kondisi sekarang ini memang Kepatihan harus segera dilakukan restorasi meski demikian kita lihat dahulu kemampuan keuangan yang ada. Meskipun dipugar tetap mempertahankan bentuk bangunan aslinya,” kata Kanang saat meninjau lokasi eks Kepatihan, Rabu (08/02).

Seperti dituturkannya kepada SiagaIndonesia.com, Kanang Tetap Komitmen Restorasi Kepatihan. Dia berharap, hadirnya Kepatihan dengan status ditangan Pemkab Ngawi memberikan kontribusi positif terhadap dunia pariwisata. Dengan demikian Kanang pun meminta dukungan dari semua pihak untuk menciptakan eks Kepatihan sebagai salah satunya brand / icon nya Ngawi.

Seperti diketahui, nafas lega baru saja dihirup Pemkab Ngawi pada akhir tahun 2016 lalu terkait eks Kepatihan. Setelah berhasil membeli bangunan plus lahan sekitar 2 hektar dari tangan ahli waris senilai Rp 16 miliar lebih. Pada saat itu proses nego pun berlangsung alot hingga membutuhkan waktu panjang mengingat harga yang dipatok sebelumnya sekitar Rp 25 miliar sedangkan kemampuan Pemkab Ngawi tidak kurang Rp 17 miliar.

Kemudian sesuai surat keputusan (SK) penetapan lokasi (penlok) oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, kompleks yang berada di Jalan Pati Unus tersebut bakal beralih menjadi kawasan cagar budaya. Rencananya, lahan dan bangunan yang diperkirakan berusia ratusan tahun atau sama dengan umur bangunan Pendapa Wedya Graha itu akan dikembalikan sesuai bentuk aslinya. (cse)

Sumber Artikel : SiagaIndonesia.com

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com