Ketua DKC Ngawi Tegaskan Bahwa Peranan Pramuka Begitu Penting di Dunia Pariwisata

Faizal Gilang Mareta (tengah) saat menerima Piala Juara Lomba Video Reportase Cagar Budaya dari kontingen Ngawi, Jumat (13/09/2019). Foto : Istimewa

NGAWI — Anggota Pramuka masa kini memiliki berbagai pengetahuan yang terbilang mengimbangi generasi milenial. Betapa tidak, pramuka mempunyai banyak kontribusi dalam berbagai segmen yang mendukung program-program strategis.

Seperti halnya dunia pariwisata, di berbagai daerah, anggota pramuka mempunyai peranan penting menjadi ambassador pariwisata dan menjadi ujung tombak pengenalan destinasi wisata. Begitupun di kabupaten Ngawi yang dalam dua tahun terakhir ini sangat gencar dalam mengangkat sektor parwisata.

Bagi Ketua Dewan Kerja Cabang Ngawi, Faizal Gilang Mareta, peranan pramuka diyakini begitu penting dalam dunia kepariwisataan. Pihaknya mengaku bahwa pramuka Ngawi khususnya mampu memerankan fungsinya sebagai duta wisata dengan naungan Saka Pariwisata.

Saka Pariwisata adalah salah satu Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah Pendidikan di bidang Kepariwisataan bagi anggota Pramuka, agar pramuka dapat membantu, membina dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kepariwisataan yang berkelanjutan dan pengelolaan perjalanan wisata/ pemanduan wisata.

Selain itu, Saka Pariwisata mampu mengembangkan pemberdayaan masyarakat dalam rangka perwujudan sadar wisata dan aksi Sapta Pesona di sekitar destinasi pariwisata sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara.

“Di pemerintah kabupaten sebagaimana di Ngawi, Saka Pariwisata akan dinaungi oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam bidang kepariwisataan,” ujar Faizal.

Ketua DKC Ngawi Tegaskan Bahwa Peranan Pramuka Begitu Penting di Dunia Pariwisata. Menurutnya, pramuka Ngawi juga telah siap dan sudah membuktikan bahwa anggotanya punya kemampuan dalam bidang kepariwisataan. Seperti halnya dengan keikutsertaan pramuka Ngawi dalam Kemah Cagar Budaya se-Jawa Timur tahun 2019 sebagai bentuk partisipasi pelestarian cagar budaya.

“Alhamdulillah, dalam kegiatan tahun ini, kontingen Ngawi mendapatkan Juara 3 kategori lomba video reportase cagar budaya,” papar Faizal.

Hal tersebut membuktikan, lanjutnya, bahwa pramuka Ngawi mampu menjadi bagian dari promosi pariwisata di Ngawi. Sudah sewajarnya jika Disparpora Ngawi mengoptimalkan potensi pramuka dengan mengaktifkan Saka Pariwisata. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com