LDKS Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Kemandirian, dan Keteladanan

LDKS Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Kemandirian, dan Keteladanan. SMP Muhammadiyah 5 Ngawi selenggarakan LDKS selama 2 hari (18-19/11) di Lapangan Desa Jogorogo. Foto-Dok. SMP Mulia

LDKS (Latihan Dasar Kepemimipinan Siswa) mencetak generasi muda yang berkarakter merupakan sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi di sekolah, seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) atau Hizbul Wathan (HW). LDKS ini bertujuan untuk menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.

Selama 2 hari,Sabtu-Minggu (18-19/11/2017) Kegiatan LDKS TERUNA MELATI Ranting IPM SMP Muhammadiyah 5 (SMP Mulia) Ngawi dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Jogorogo dan Lapangan Desa Jogorogo.

Para peserta mendapatkan berbagai materi diantaranya,

  1. Pembekalan dan pembentukan mental, keimanan, dan ketakwaan
  2. Leadership/kepemimpinan
  3. Ke IPM-an
  4. Problem Solving dan Manajemen Konflik (Penanganan masalah dalam organisasi)
  5. Kedisiplinan dan LBB
  6. Motivasi diri
  7. Bakat dan minat
  8. Muhasabah/renungan
  9. Olahraga/senam
  10. Outbond/jelajah/game

Menurut Ruruh Satri Pangestuti, Kepala Urusan Kesiswaan SMP Mulia sekaligus ketua panitia LDKS ini menyampaikan bahwa ada 40 siswa peserta yang merupakan siswa terpilih dari kelas VII dan VIII yang dianggap mempunyai kemampuan, kemandirian, ketangguhan, keuletan, ketangkasan/trengginas dalam memimpin (mempunyai jiwa Leadership), juga tentunya memiliki pribadi dan akhlak yang terpuji.

“Salah satu tujuan kegiatan ini adalah memupuk rasa memiliki “andarbeni” pengurus IPM terhadap almamaternya yaitu SMP Muhammadiyah 5 Ngawi,” terang Ruruh.

LDKS Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Kemandirian, dan Keteladanan. Ruruh juga menambahkan bahwa dengan diselenggarkannya LDKS ini akan mampu meningkatkan, mengembangkan, serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan; meningkatnya pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin sebagai pribadi Siswa Mulia; serta tentunya agar terjalin relasi yang baik antar siswa, maupun siswa dengan guru serta membangun persaudaraan yang lebih erat sehingga tercipta sosialisasi yang efektif antar sesama.(kn/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com