Legowetan Bentuk Pengurus BUMDes Sebagai Langkah Bersama Tingkatkan Ekonomi Desa

Pembentukan Pengurus BUMDesa desa Legowetan, kecamatan Bringin, Kamis (18/10/2018). Foto-Istimewa

BRINGIN — Sesuai dengan dasar hukum yang ada, UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Permendesa No 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, desa Legowetan membentuk pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kamis (18/10/2018).

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Legowetan, Kecamatan Bringin Ngawi ini dihadiri kurang lebih 30 peserta dari unsur perangkat desa, ketua RT, ketua RW, tokoh masyarakat, tokoh pemuda desa, dan unsur lainnya.

Legowetan Bentuk Pengurus BUMDes Sebagai Langkah Bersama Tingkatkan Ekonomi Desa. Hal ini sesuai dengan harapan dari pemerintah bahwa BUMDes harus ada setiap desa yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa dan PAD (Pendapatan Asli Desa).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Legowetan, Ida Dwi Rinawati, menyebutkan bahwa potensi desa harus terus dimaksimalkan dengan optimalisasi produk dan fasilitasi pemasaran.

“Banyak potensi desa yang belum maksimal diberdayakan seperti, padi, ketela, jagung, serta hasil bumi lainnya. Desa bisa mengoptimalkan produk dan hasil usaha masyarakat dan memfasilitasi pemasaran potensi desa,” ujarnya

Pengurus BUMDes yang terbentuk harapannya bisa memaksimalkan potensi desa ini, serta menciptakan peluang-peluang pasar untuk mendukung peningkatan pelayanan masyarakat, khususnya dalam bidang ekonomi.

Adapun pengurus BUMDes Legowetan yang terbentuk adalah sebagai berikut :
Pengawas : Suyanto
Penasihat : Ida Dwi Rinawati
Ketua : Ali Mustofa
Sekretaris : Imam Wahyudi
Bendahara : Arif Budianto

Tugas bagi pengurus yang harus segera dilaksanakan adalah penataan organisasi, menyusun rencana kerja, serta membentuk unit-unit usaha demi tercapainya tujuan bersama. Pengelolaan sumber air minum yang ada di desa juga bisa dioptimalkan. Selain itu, diharapkan bisa melakukan terobosan usaha dengan menggandeng masyarakat setempat. (alfa/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com