Lima Pelaku Usaha Furniture Ngawi Turut Berpartisipasi dalam Jiffina 2018

Stand Kliwon Furnicraft, salah satu perwakilan dari Ngawi di Jiffina 2018. Foto-Istimewa/MA

YOGYAKARTA – Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (Jiffina) 2018 yang digelar di Jogja Expo Center resmi dibuka oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sabtu (9/3/2018).

Dengan pemukulan alat musik tradisional patrol oleh Sultan yang didampingi Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar, Ketua OC Jiffina 2018 Endro Wardoyo, serta Ketua Jiffina Jawa-Bali Timbul Rahardjo jiffina dengan 300 peserta ini dibuka dengan mengangkat tema, “Indonesia Orginal Unique Firniture & Craft Product.”

Lima Pelaku Usaha Furniture Ngawi Turut Berpartisipasi dalam Jiffina 2018 yang berlangsung hingga 13 Maret 2018 nanti. Kelimanya merupakan perwakilan dari Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur di antaranya adalah, Kliwon Furnicraft, Sinar Jati, Romansa, Kusuma Jati, dan Jati Aji, ke semuanya sudah mempunyai pembeli luar ngeri dalam skala kecil maupun besar.

Menurut keterangan para peserta perwakilan dari Ngawi ini, beberapa tahun ini masih selalu ikut seleksi di provinsi, selain dukungan yang masih minim dari pemerintah kabupaten, peluang ikut pameran internasional juga lebih besar.

Kliwon Furnicraft adalah salah satu pelaku usaha craft and furniture kabupaten Ngawi yang berlokasi di Sidowayah. Meskipun mengaku masih skala kecil, namun selama lima tahun terakhir ini sudah mengirimkan minimal 1/2 container per bulannya ke Taiwan.

“Kalau yang cukup besar, saya expor ke Taiwan, sedangkan yang pembelian langsung pengiriman lewat cargo biasa ya pernah ke Malaysia sama Dubai,” ujar Maryanto Atmojo, pemilik Kliwon Furnicraft.

Sejauh ini, Maryanto mengaku terus berupaya fokus untuk pemenuhan kebutuhan ekspor dan memang belum bermain lokal. Hal ini semata-mata selain karena modal, juga terkait sumber daya manusia yang masih terbatas.

Sebagaimana diketahui bahwa hal ini merupakan salah satu potensi produk dari Kabupaten Ngawi yang sudah menembus pasar global. Tentunya, dengan dukungan yang lebih baik lagi dari pemerintah, para pelaku industri craft and furniture ini akan bisa terus eksis dan pastinya akan membanggakan Ngawi pada umumnya. (kn/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com