Mahasiswa Asal Ngawi Ini Raih Juara I dalam Kompetisi The World Invention Technology Expo 2019

Ardhi Kamal Haq, Mahasiswa UGM asal Beran, Ngawi peraih Juara 1 di ajang The World Invention Technology Expo 2019. Foto : Istimewa

JAKARTA — Mahasiswa Asal Ngawi, Ardhi Kamal Haq berhasil menjadi juara 1 dan meraih gold medal di The World Invention Technology Expo (Wintex) 2019 yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UGM angkatan 2016 yang ini bersama dua rekannya mengangkat topik penelitian tentang pemanfaatan panel akustik dari limbah onggok, Utilization Waste of Sugar Palm as Acoustic Panel to Prevent Environmental Damage.

“Kami kemarin menemukan material limbah yang cukup melimpah, bahkan menjadi momok di daerah desa Daleman, kabupaten Klaten, yakni berupa limbah onggok yang merupakan sisa dari industri tepung onggok,” ujar Ardhi kepada redaksi KampoengNgawi.

Ardhi menjelaskan dari material limbah tersebut, ia bersama Said Ahmad dan Pamela Chanifah Zahro membuat inovasi dengan mengubahnya menjadi panel akustik sebagai peredam suara atau noise absorber dengan beberapa variasi seperti komposisi bahan dan penggunaan cat.

“Alhamdulillah, kemarin sudah didaftarkan di hak cipta sehingga aman terkait plagiarisme dan sekarang kami sedang mencari mitra untuk produksi secara massal,” imbuh pemuda Beran kelahiran Mei 1998 ini.

Mahasiswa Asal Ngawi Ini Raih Juara I dalam Kompetisi The World Invention Technology Expo 2019. Event internasional yang diselenggarakan 9-12 Oktober 2019 ini diikuti oleh ratusan peserta termasuk berbagai negara seperti Turki, Malaysia, India, Afrika, dan Amerika.

Diketahui, Ardhi yang merupakan putra pasangan Muson Asngari dan Munifah Effendi ini mengaku bercita-cita menjadi seorang peneliti bidang Fisika atau menjadi Dosen. Selain meraih medali emas, Ardhi dan timnya juga mendapatkan piagam penghargaan. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com