Makam KH Muhammad Nursalim di Benteng Pendem Ngawi Dipercantik dengan Relief Kaligrafi

Seorang tukang sedang melakukan renovasi makam KH Muhammad Nursalim. Foto : KampoengNgawi.com/Fri

NGAWI –Sebuah makam yang berada di dalam area Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) Ngawi tak lepas dari sorotan para pengunjung. Itulah makam Kyai Haji (KH) Muhammad Nursalim.

Kyai Haji Muhammad Nursalim yang tak lain adalah murid Diponegoro ini dalam sejarah perjuangan turut berperan membela tanah Ngawi, beliau dikenal sakti dan kebal senjata. Belanda menguburnya hidup-hidup di area benteng karena tidak mempan dibunuh dengan cara apapun.

Makam yang dulunya terbuka tanpa atap, kini para peziarah yang datang dari berbagai daerah akan lebih nyaman dengan telah dibangunnya atap. Selain itu Makam KH Muhammad Nursalim di Benteng Pendem Ngawi Dipercantik dengan Relief Kaligrafi.

Dari informasi yang dihimpun redaksi KampoengNgawi, Pondok Pesantren (Ponpes) Sidqiyah, Ploso, Jombang yang melakukan renovasi atas makam tersebut.

Sebagaimana diungkapkan oleh Suryadi, warga asal Kediri yang membuat relief kaligrafi di makam KH Muhammad Nursalim.

“Saya diutus membuat ini oleh pihak Ponpes, minta ijin kepada Armed Ngawi terlebih dahulu,” ujarnya kepada KampoengNgawi, Selasa (18/06/2019).

Pihaknya mengaku penambahan pintu masuk yang dihiasi relief kaligrafi tersebut mulai dibangun pada Februari 2019 lalu dan ditargetkan akan selesai bulan Juni ini.

“Semoga peziarah semakin nyaman dan makin banyak yang berkunjung, itu saja harapan kami,” imbuhnya.

Sementara itu pihak Yon Armed Ngawi tidak menyangka atas inisiatif pihak ponpes, perwakilan dari Armed Ngawi juga menyempatkan untuk berkunjung ke Ponpes Jombang dan menyampaikan terima kasih. (fri/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com