Museum Kecil di Benteng Pendem Dilengkapi Audio Visual Sejarah Ngawi di Masa Penjajahan

Museum Benteng Pendem (Benteng Van Den Bosch) Ngawi. Foto : Istimewa

NGAWI — Benteng Van Den Bosch atau yang lebih dikenal dengan Benteng Pendem Ngawi semakin ramai pengunjung. Tanpa menutup bangunan aslinya, benteng sedikit ditambah berbagai ornamen untuk lebih memperdalam sejarahnya.

Sebuah museum kecil dibangun di salah satu ruangan di sebelah barat. Motif bata asli masih dinampakkan, terdapat pula audio visual yang mendukung informasi terkait sejarah Ngawi di masa penjajahan.

Di museum ini juga terdapat pajangan foto-foto pada masa penjajahan dengan latar belakang benteng Van Den Bosch. Sudah tentu di antara yang dipajang adalah wajah Pangeran Diponegoro. Nampak pula ada sebuah foto yang memperlihatkan saat Pangeran Diponegoro menunggang kuda.

Benteng Van Den Bosch merupakan salah satu bangunan yang didirikan oleh pemerintahan Belanda pada tangun 1825. Benteng ini terletak di Jl. Untung Suropati, kelurahan Pelem, kecamatan Ngawi.

Saat mengunjungi Benteng Van den Bosch, Presiden Jokowi berjanji pemugaran bangunan bersejarah ini akan segera dilakukan. Pihaknya menegaskan bahwa bangunan bersejarah harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya sebagai pengingat identitas dan penanaman nilai-nilai positif bangsa.

Bulan Juli yang merupakan hari jadi Ngawi sudah di depan mata. Harapannya tentu bahwa pariwisata unggulan Ngawi yang salah satunya benteng Van Den Bosch ini akan semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari Ngawi maupun luar Ngawi. (fri/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com