Nikmati Kopi Asli Ngawi Sambil Berwisata Edukatif

Kopi Selo Ondo Ngawi. Foto : KampoengNgawi.com/Fri

NGAWI — Kopi nusantara tersebar mulai dari Aceh hingga Papua, hampir tiap daerah memiliki cita rasa khas kopi. Banyak faktor yang mempengaruhi cita rasa kopi, mulai dari jenis tanah, ketinggian daerah, pupuk dan lain sebagainya. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Ngawi yang sebagian daerahnya berada di dataran tinggi juga memiliki kopi unggulan. Ada 4 jenis kopi terenak di dunia dan 3 di antaranya berada di Ngawi. Jenis kopi tersebut adalah Arabica, Robusta, Liberika dan Excelsa.

Ngawi memiliki semua jenis kopi tersebut kecuali jenis Liberika. Yang paling terkenal adalah kopi jenis Excelsa, pasalnya kopi ini langka dan tidak setiap daerah memiliki jenis kopi tersebut.

Kopi Excelsa di Ngawi juga dikenal dengan istilah “Kopi Nangka” karena memiliki aroma nangka bila diseduh. Biji kopi asli dari lereng gunung Lawu tersebut lebih mantap bila disajikan tanpa gula.

Untuk para penikmat kopi pasti akan lebih memilih menyruput kopi tanpa gula. Bagi yang tidak biasa bisa ditambahkan gula, aroma nangka masih bisa dirasakan.

Beberapa kedai kopi di Ngawi sudah menjajakan kopi hasil dari perkebunan Selo Nndo, Ngrayudan, Ngawi. Bila anda ingin menikmati kopi Ngawi langsung dari Seloondo, bisa mampir ke Kedai Kopi Mas Be yang berada tepat di atas kolam renang Selo ondo.

Tak hanya sekedar menikmati kopi, anda juga bisa berwisata kopi/Edukasi Kopi dengan tim
KampoengEdukasi. Fasilitator yang telah tersertifikasi ini akan mengajak anda belajar mengenalkan jenis kopi Ngawi, memanen kopi, mengolah, proses seduh hingga kopi siap minum.

Mungkin sudah banyak masyarakat Ngawi yang telah mengetahui keberadaan kopi Ngawi, tapi belum banyak yang tahu prosesnya hingga siap minum. Cara pengolahan tradisional hingga modern bisa anda pilih untuk melengkapi pengetahuan terkait kopi.

Saat ini kopi tak hanya sebagai minuman semata namun juga sebagai lifestyle. Mau Nikmati Kopi Asli Ngawi Sambil Berwisata Edukatif ? Langsung kontak KampoengEdukasi untuk reservasi paket Edukasi Kopi. (fri/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com