Potensi Wisata Budaya Upacara Keduk Beji Ngawi Begitu Luar Biasa

Ratusan Masyarakat Kunjungi Taman Wisata Tawun untuk menyaksikan Wisata Budaya Keduk Beji, Selasa (28/08/2018). Foto-KampoengNgawi.com/Fri

NGAWI — Menjadi agenda tahunan yang didukung penuh oleh pemerintah daerah Kabupaten Ngawi, Potensi Wisata Budaya Upacara Keduk Beji Ngawi Begitu Luar Biasa. Seperti halnya yang diselenggarakan hari ini, Selasa (28/08/2018), acara ini terbukti dinantikan oleh ratusan masyarakat Ngawi.

Acara sakral ini berhasil menyedot masyarakat untuk beramai-ramai datang ke taman wisata Tawun. Terbukti dari pintu masuk taman wisata sejak pagi sudah dipenuhi warga yang sengaja datang untuk menyaksikan prosesi upacara adat keduk beji.

Di sepanjang jalan menuju taman wisata memang nampak para pelajar yang masih memakai seragam turut menyaksikan ritual adat ini. Bukan karena bolos sekolah, tapi memang pada hari ini sekolah mereka diliburkan. Mereka datang sejak pagi, karena memang tidak ingin melewatkan prosesi Keduk Beji.

Siswa dan siswi Ngawi wajib mengetahui kebudayaan dari kotanya. Mereka belajar budaya dari menonton upacara adat keduk beji, bahkan ada sebagian dari mereka yang dilibatkan untuk memeriahkan upacara adat tersebut. Salah satu siswa dari SMP 1 Kasreman, Niken, nampak sangat senang bisa menyaksikan upacara sakral dari dekat.

“Saya senang, acara ini seru. Baru kali ini saya nonton dari dekat upacara adat keduk beji,” ungkap Niken kepada redaksi KampoengNgawi.

Sementara itu, ada pula pengunjung dari Desa Campurasri bernama Darti. Ia bersama suami dan anak-anaknya sudah sejak jam 8 berada di lokasi.

“Saya ajak suami dan anak-anak, dari jam 8 sudah di sini. Harapan saya ke depan, Keduk Beji ini bisa dapat terus dilestarikan,” ungkapnya.

Potensi Wisata Budaya Upacara Keduk Beji Ngawi Begitu Luar Biasa. Agenda budaya ini bisa menjadi semakin spektakuler dan dinikmati oleh wisatawan dari luar Ngawi yang ingin mengetahui budaya dan upacara adat di Ngawi.

Dengan membuat festival budaya dengan serangkaian jadwal yang berdekatan, pastinya bisa menarik para wisatawan dari luar Ngawi untuk menikmati berbagai suguhan unik yang menonjolkan kearifan lokal dan layak sebagai konsumsi nasional bahkan internasional. (fri/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com