Puluhan Siswa SMK PGRI 4 Ngawi Belajar Mengelola Web E-Commerce

Siswa SMK PGRI 4 Ngawi memperhatikan materi web e-commerce dalam menunjang bisnis online. Foto-KampoengNgawi.com/nkh

NGAWI — Bisnis online tentunya tidak terlepas dari peran penting dari web e-commerce, sebuah website yang dirancang secara khusus untuk penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik.

E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Puluhan siswa SMK PGRI 4 Ngawi melakukan praktik langsung mengelola sebuah web e-commerce yang dipandu oleh pemateri dari KampoengEdukasi, Kamis (04/04/2019).

Setelah diberikan pemahaman terkait keunggulan web e-commerce dan konsepnya, siswa program keahlian Tata Niaga kelas X dan XI SMK PGRI 4 Ngawi ini langsung dipandu untuk mengelola sebuah web e-commerce yang sudah menggunakan fitur yang lengkap.

Di laboratorium komputer, para siswa belajar bagaimana melakukan pengelolaan produk yang akan dijual, membuat judul produk yang unik, mengklasifikasikan jenis produk, membuat deskripsi yang berkualitas, dan memilih gambar yang sesuai.

Selain praktik pengelolaan web e-commerce ini, siswa juga diberikan materi pengenalan dasar Search Engine Optimation (SEO) dan cara beriklan di media sosial.

Eko Subagyo, S.E., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu hal yang sangat bagus bagi para siswa, bisa menjadi tambahan wawasan yang lebih luas lagi terkait bisnis online.

Senada dengan hal tersebut, Ajianto, S.E., Kepala Program Keahlian Tata Niaga menyampaikan bahwa pemberian materi ini merupakan salah satu pengayaan dari kurikulum 2013 tentang bisnis online untuk siswa SMK.

Puluhan Siswa SMK PGRI 4 Ngawi Belajar Mengelola Web E-Commerce. Siswa yang beberapa di antaranya juga telah mengenal model bisnis online dengan reseller dan dropshipper dari berbagai produk semakin bersemangat untuk menerapkan materi yang didapatkan lebih dalam lagi.

Sebagaimana disampaikan oleh pemateri, KampoengEdukasi juga memberikan fasilitas web e-commerce siap pakai yang bisa digunakan secara praktis bagi pengembangan bisnis online di SMK PGRI 4 Ngawi sehingga siswa mampu menerapkan berjualan online secara langsung. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com