Ramadhan Pertama Ahmad Darori Hasan, Mahasiswa Asal Ngawi yang Menempuh Program Master di NCKU Taiwan

Ahmad Darori Hasan di National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan. Foto-Istimewa

TAIWAN — Bagi sebagian orang, menjalani bulan ramadhan tidak selamanya berada di kampung halaman. Ada yang sedang di kota perantauan, bahkan di negeri orang seperti halnya Ahmad Darori Hasan.

Ahmad merupakan pemuda Ngawi yang mendapatkan kesempatan menjalani program beasiswa di NCKU Distinguished International Student Scholarship, National Cheng Kung University Taiwan, jurusan Departement of Systems & Naval Mechatronic Engineering.

Warga desa Karangtngah Prandon, Ngawi ini memulai hidup barunya di negeri Naga Kecil Asia setelah lulus dari Teknik Sistem Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Agustus 2018 lalu.

Putra pasangan Lamidianto dan Musyarofah ini mengaku ramadhan pertama yang ia jalani di negeri orang berjalan lancar. Ia dan teman-teman muslim cukup dibantu banyak oleh pihak kampus dengan disediakan gedung khusus selama ramadhan untuk beraktivitas.

Bahkan, menurut pengakuannya kepada redaksi KampoengNgawi, saat ini ia merasa begitu bahagia karena istrinya sudah bisa menyusul ke Taiwan dan telah mendaftar pula di kampus yang sama. Ahmad diketahui menikah beberapa hari menjelang keberangkatannya ke Taiwan.

Mengenai kuliah, bagi Ahmad, kendala terberat selama ini adalah sebagian masih menggunakan bahasa China, jadi tidak banyak pilihan bagi mahasiswa untuk memilih matakuliah yang pengantarnya bahasa inggris.

“Namun cukup mudah untuk mencari pembimbing thesis yang lancar berbahasa inggris di sini,” ujar pemuda kelahiran Februari 1995 ini.

Mantan Direktur Badan Pelaksana Mentoring (BPM) Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) ITS periode 2016/2017 ini berharap bisa lancar dalam menjalankan perkuliahan program masternya yang kurang lebih ditempuh selama dua tahun di Taiwan.

“Semoga bisa lancar semyanya dan bisa lanjut program doctor di sini juga, serta bisa mendarmabaktikan diri sekembalinya ke Indonesia,” harap Ahmad yang bercita-cita menjadi seorang pengajar perguruan tinggi itu.

Kepada para pemuda di Ngawi khususnya, ia berpesan agar mencari pengalaman dan keluar dari zona nyaman agar dapat menempa mental.

“Pengetahuan dapat dicari dari mana saja, tapi tidak dengan pengalaman dengan keluar dari zona nyaman,” terangnya.

Selain kuliah, Ahmad saat ini juga aktif mengikuti kegiatan di masjid bersama para muslim pendatang yang cukup banyak dibandingkan dengan penduduk lokal.

“Cukup sulit untuk mencari tempat untuk ibadah, namun Alhamdulillah, komunitas mahasiswa muslim mengakomodir dan menyampaikan kepada pihak kampus agar diberikan fasilitas bagi muslim dalam beribadah,” pungkasnya.

Itulah pengalaman Ramadhan Pertama Ahmad Darori Hasan, Mahasiswa Asal Ngawi yang Menempuh Program Master di NCKU Taiwan. Semoga bisa menginspirasi kita semua untuk terus bergerak, berkarya, dan tentunya berprestasi. (kn/cse)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com