Segudang Protein Sebagai Tulang Punggung Pariwisata Dan Ekonomi Kota Ngawi

Tempe dengan bungkus daun pisang. Foto-Istimewa

NGAWI — Apa itu nutrisi ? Sebagian masyarakat masih belum mengerti mengenai arti nutrisi itu sendiri. Nutrisi adalah zat yang terkandung dalam makanan yang dibutuhkan organisme untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan fungsinya. Nutrisi yang di butuhkan tubuh dalam jumlah yang besar berfungsi sebagai sumber energi, salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah protein.

Protein merupakan zat makanan berupa asam-asam amino yang berfungsi sebagai pembangun dan pengatur bagi tubuh, sebagai penyembuh luka dan meregenerasi sel terutama kulit, penghancur dan penetral zat-zat asing yang terdapat di dalam tubuh. Bagi yang sedang melakukan diet sehat akan sangat baik apabila banyak mengonsumsi makanan yang tinggi protein, karena bila karbohidrat bersifat gula, lain halnya dengan protein yang justru rendah gula.

Protein juga berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah, sebagai penyeimbang asam basa dengan cairan tubuh dengan cara menjaga stabilitas Ph cairan yang ada di dalam tubuh itu sendiri, sebagai pembentuk otot, juga mendukung pertumbuhan pada anak-anak serta remaja, dan sebagai pengatur metabolisme tubuh.

Daging, ikan, susu, telur dan kacang-kacangan adalah contoh makanan yang kaya akan protein. Berbicara mengenai daging, telur, dan ikan, semua orang tidak dapat mengonsumsi makanan itu untuk sehari-hari, hanya kalangan ekonomi atas sajalah yang mampu membelinya. Bagaimana nasib kalangan ekonomi bawah? Apakah meraka tidak bisa mengonsumsi protein untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh?

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang cukup populer dan membudaya di semua lapisan masyarakat. Produksi tempe hampir ada di setiap daerah di Indonesia, salah satunya adalah Ngawi, Jawa timur. Wilayah yang ada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah ini cukup potensial menjadi sebuah kota produsen protein dengan berbagai macam olahan tempe sebagai bahan baku utamanya.

Kripik Tempe, makanan ringan berbahan baku tempe yang digoreng tipis dengan hasil yang renyah dan gurih. Harganya cukup terjangkau di semua kalangan dan tentunya banyak kandungan protein nabati. Kripik tempe merupakan salah satu makanan khas Ngawi. Selain diposisikan sebagai pelengkap makanan utama, kripuk tempe juga dikenal sebagai jajanan tradisional yang lezat dan sehat.

Coklat tempe merupakan salah satu jajan kreatif dan inovatif perpaduan antara tempe dan coklat. Bagaimana rasa jajanan coklat ini? Dalam sehari-hari tempe dijumpai menjadi olahan makanan yang cenderung memiliki rasa asin. Hal baru ini menumbuhkan rasa penasaran masyarakat untuk mencoba dan membeli jajanan coklat tempe ini. Keunikan coklat tempe ini membumi di Ngawi. Tidak hanya di Ngawi saja, produk ini sudah di sampai ke Bali, Madura, Jakarta, dan Tangerang.

Sektor ekonomi yang dapat menunjang sektor pariwisata, atau sektor pariwisatalah yang menunjang sektor ekonomi ? Pariwisata tidak dapat berjauhan dengan makanan, dalam arti lain, makanan merupakan salah satu cara meningkatkan ekonomi. Pariwisata tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya dukungan ekonomi, ekonomi pun tidak akan berkembang tanpa adanya pariwisata. Dua sektor yang saling berhubungan dan saling memberi keuntungan. Tidak lupa juga adalah dukungan dari pemerintah. Pemerintah memiliki peran sangat penting memajukan dan melindungi pariwisata dan ekonomi.

Tempe sudah tidak bisa dipandang sebelah mata, segudang protein yang kandungan proteinnya lebih tinggi dari pada daging sapi ini mampu memberikan nilai tambah tersendiri untuk sektor pertanian dan ekonomi masyarakat Ngawi.

Segudang Protein Sebagai Tulang Punggung Pariwisata Dan Ekonomi Kota Ngawi. Segudang protein yang bermanfaat untuk kesehatan kita dan kota kita. Hal ini sudah pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk berkunjung ke Kota Ngawi. Visit to Ngawi, Ngawi Negeri Ramah.

—–
Ditulis oleh : Retno Muji Rahayu
Editor : KampoengNgawi

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com