Seni Budaya Sebagai Perekat Persaudaraan Para Perantau Ngawi di Jakarta

Seni Budaya Sebagai Perekat Persaudaraan Para Perantau Ngawi di Jakarta. Foto-Alfa


JAKARTA – Ratusan perantau asal Ngawi yang saat ini berada di Jakarta dan sekitarnya selalu menjaga silaturrohim dan terus mempererat tali persaudaraan sesama perantau. Salah satu agenda tahunan yang difasilitasi oleh pemerintah Kabupaten Ngawi dan juga Jawa Timur adalah pagelaran seni dalam menyambut tahun baru Islam 1439 H di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (20/09/2017) malam.

Sebanyak 52 orang penampil dan official dari Ngawi memeriahkan acara tersebut. Acara silaturrohim ini juga dihadiri oleh Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono, Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Djatmiko, SH, M. Si., Sekretaris Daerah Ngawi Drs. Mokh. Sodiq Triwidiyanto, M.Si. , dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya, Bupati Ngawi menyampaikan rasa terimakasihnya telah diberi kesempatan memberikan suguhan kesenian khas wayang kulit di acara tersebut.

“Ini merupakan kegiatan yang nguri-uri budaya adi luhung yang kita miliki karena yang tampil kali ini adalah perpaduan senior dan junior,” ungkap Kanang, sapaan akrab Bupati Ngawi.

Kanang juga menyebutkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud menjalin silaturrohim antara warga Ngawi yang ada di Jakarta. Ia juga menghimbau bahwa dengan melestarikan budaya, setiap bangsa tidak akan kehilangan arah.

Sementara itu, Ir. H. Sujilan, Ketua Harian Paguyuban warga Ngawi di Jakarta pun menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh hadirin, seluruh warga Ngawi yang selalu bisa guyub di Jakarta.

Dalam acara yang menampilkan suguhan wayang kulit dengan lakon Gojali Suta oleh dalang Ki Lasno Karsono itu, sekaligus dilakukan pengukuhan perkumpulan warga Ngawi wilayah Banten yang dilegalkan melalui akta notaris dan Kementerian Hukum dan Ham sebagai organisasi resmi berbadan hukum.

Tentunya salah satu hal yang bisa terus dilestarikan adalah bahwa Seni Budaya Sebagai Perekat Persaudaraan Para Perantau Ngawi di Jakarta. Semoga di manapun warga Ngawi yang merantau akan selalu guyub rukun dan saling membantu. (kn/alfa)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com