Serentak Seluruh Desa Gelar Tirakatan Hari Jadi Ngawi ke-659

Kain Batik Khas Ngawi Motif Bambu. Foto-Google/BlogArsha


NGAWI – Secara serentak seluruh desa di Kabupaten Ngawi menggelar malam tirakatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Ngawi ke 659, malam ini, Kamis (06/07/2017).

Secara terpusat instruksi diberikan oleh pemerintah kabupaten merangkai ritual malam tirakatan dengan prosesi potong tumpeng dengan didahului tahlil dan doa.

Di samping prosesi tersebut, untuk semakin menginternalisasikan makna dan rasa memiliki Ngawi, di malam tirakatan ini juga diisi dengan pembacaan sejarah singkat hari jadi Ngawi oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Filosofi dari umbuhan AWI atau Bambu yang merupakan cikal bakal kata ‘NGAWI’ juga turut disampaikan dalam sejarah tersebut. Di antaranya dalam kehidupan sehari-hari bambu bagi masyarakat desa mempunyai peranan penting, dalam agama Budha hutan bambu juga merupakan tempat suci, serta bambu dalam perjuangan kemerdekaan RI memiliki nilai sejarah yang apik atas Bambu Runcing. (ern/ske)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com