SMPIT Harapan Umat Ngawi

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Harapan Umat (SMPIT Harum) ini merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang tergolong baru di Ngawi. Salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Sosial dan Dakwah Islam (YPSDI) Harapan Umat Ngawi yang sebelumya sebelumya juga sudah mempunyai TK dan SD Islam Terpadu.

Kurikulum SMPIT Harum menerapkan perpaduan dari kurikulum pemerintah dan kurikulum pesantren. Kurikulum pemerintah yang digunakan yaitu KTSP, mencakup pelajaran umum dan muatan lokal. Kurikulum pesantren mencakup pelajaran ulumul syar’i, di antaranya, Al-Quran Hadits, Fiqh, Shiroh, Bahasa Arab, Imla’, dan Aqidah Akhlak. Di samping itu, program tahfidzul Qur’an menjadi program unggulan, struktur kurikulumnya dibuat agar siswa mampu menghafal Al-Qur’an minimal 6-15 juz.

Sekolah dengan Akta Notaris Yoga Mahendra Kusuma, S.H., M.Kn No. 30 Tanggal 29 September 2015 dan mempunyai NPSNN : 69945402 ini mempunyai visi Menjadi Lembaga Pendidikan Terpadu, Pencetak Generasi Aktif, Kreatif, dan Inovatif yang Berkarakter Islami.

Adapun Misi dari SMPIT Harapan Umat Ngawi ini adalah sebagai berikut:

  1. Mencetak peserta didik yang memiliki karakter islami yang kuat
  2. Menciptakan suasana yang islami dalam setiap kegiatan
  3. Melakukan proses pembelajaran mengedepankan keteladanan
  4. Mendidik siswa untuk menguasai bahasa Arab, Inggris, dan teknologi informasi
  5. Memfasilitasi tenaga didik dan kependidikan untuk mengembangkan diri menjadi pendidik yang profesional.

Program Unggulan yang ada dalam sekolah ini antara lain, Program Hafalan Al-Quran ; Halaqah Tarbawi; Kurikulum Pemerintah dan Pesantren; dan Program Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Sedangkan untuk mengasah keterampilan dan bakat siswa / santrinya, SMPIT Harapan Umat Ngawi ini memiliki Ekstrakurikuler yang terdiri dari: English Club, Karate, Karya Tulis, Panahan, Pramuka, dan Sains Club.

Sebagai sebuah sekolah sekaligus pondok pesantren yang mengedepankan program hafalan Al-Qur’an, dalam usia sekolah yang masih belum genap 2 tahun SMPIT Harapan Umat Ngawi ini sudah banyak menyabet prestasi, baik di tingkat karesidenan hingga tingkat nasional.

Tanggal 31 Juli 2016 lalu telah diresmikan Pondok Pesantren Tahfidzul Quran dan SMPIT Harapan Umat Ngawi oleh Bapak Ony Anwar, S.T., M.H. (Wakil Bupati Ngawi). Pondok Pesantren ini terletak di dekat Terminal Kertonegoro Ngawi, tepatnya di Jalan Cendrawasih, Desa Grudo, Kabupaten Ngawi. Tempat ini merupakan tempat baru yang sebelumnya SMPIT berlokasi di Jalan S. Parman, lokasi yang sama dengan SDIT Harapan Umat Ngawi. (cse)

smpit-harapan-umat-ngawi



Nama Sekolah : SMPIT Harapan Umat
Alamat : Jl. Cendrawasih No. 48A RT 1 RW 3, Grudo, Ngawi
Telepon : 0351-746502 / 0821 4040 0404
Website : http://smpitharumngawi.wordpress.com

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com