Suguhan Unik Hari Pertama Upacara Kebo Ketan

Kebo Ketan Di"Guyang" di Sendang Marga setelah dikeluarkan dari kandang dan diarak dengan iringan musik trethek, Sekaralas, Widodaren, Sabtu (02/12). Foto-Heru Soepranoto

WIDODAREN – Sebuah seni kejadian berdampak yang mengusung berbagai keunikan budayad dengan mengusung tema Penawar Racun Divide Et Impera, diselenggarakan di Rumah Tua Sekaralas, Sendang Marga dan Lapangan Desa Sekarputih, Widodaren, Ngawi sejak hari ini, Sabtu (02/12/2017).

Di hari pertama ini, Sang Kebo Ketan dikeluarkan dari kandangnya, diarak bersama rombongan musik trethek dan kelompok Sendika Dhawuh dari Sragen, Jawa Tengah, ke Sendang Marga dan diguyang di sana.

Ada pula sebuah Persembahan Musik dan Gerak, Pentas musik campursari dan Dangdut, Pembuatan Jubah Sang Kebo Ketan, serta Khataman Al-quran dan Tirakatan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ratusan penonton menikmati Suguhan Unik Hari Pertama Upacara Kebo Ketan yang dikemas secara khas oleh Sutradara Bramantyo Prijosusilo dengan berbagai pernak – pernik dan para seniman yang dengan penjiwaannya turut berpartisipasi di dalamnya. Kebo ketan yang setelah dimandikan, digotong dari dalam sendang menuju ke suatu ruangan dan diarak kembali ke Lapangan Sekarputih.

Seniman dari dalam dan luar Ngawi menjadi bagian tak terpisahkan dari rangkaian upacara kebo ketan yang akan berlangsung hingga besok Minggu (03/12/2017) yang didukung oleh seluruh lapisan masyarakat yang tentunya turut andil.

Ikuti kelanjutan upacara dan keseruan seluruh seniman yang banyak kejutan di hari Minggu (03/12/2017) di Lapangan Sekarputih, Widodaren dengan ritual seni penyembelihan Kebo Ketan, penampilan musik etnik, dan berbagai penampilan lainnya dalam kejadian berdampak ini. (kn/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com