Penggunaan Orto atau Kawat Gigi

Dikirim oleh : Riska
Pada : 22-09-2016
Konsultasi : Kesehatan Gigi

Pertanyaan:
Halo Pak Dokter
Saya Rizka, saya pernah berkonsultasi dengan dr gigi, diberikan info untuk pasang behel. Mohon pencerahan, kira2 jika tidak pasang behel apa yang akan terjadi? Apakah ada alternatif lain perawatan yang serupa dengan pasang behel?

Terimakasih


Selamat pagi rizka. Saya dalam menjawab pertanyaan ini secara objektif memerlukan pemeriksaan pada pasien. Namun karena tidak dapat dilakukan, mungkin pertanyaan dasar dari yang riska tanyakan adalah apa indikasi pemasangan orto atau kawat gigi?

Orto diindikasikan pada seseorang yang akan atau sudah mengalami maloklusi. Maloklusi adalah keadaan gigi yang tidak berada pada letak, susunan dan lengkung yang benar atau rahang yang tidak normal. Dibagi menjadi maloklusi skeletal atau keturunan atau dental. Mulai dari klas 1, 2, 3.

Saya akan fokus menjelaskan kenapa maloklusi perlu dirawat?

  1. Self cleansing
    Selfcleansing atau pembersihan alami gigi diperankan air liur, dimana akan mendorong sisa sisa makanan untuk keluar dan tertelan dengan membasuh seluruh perlmukaan gigi setiap makan. Ataupun saat istirahat. Maloklusi gigi yang berdesakan menyulitkan air liur untuk bersirkulasi dengan normal sehingga kemampuan antibakteri dan pencegahan gigi berlubang berkurang.

  2. Gigi berlubang
    Gigi yang berdesakan akan menyebabkan sisa makanan mudah untuk terselip diantaranya, kemudian oleh bakteri diubah menjadi zat asam yang menyebabkan gigi berlubang.

  3. Karang gigi
    Air liur yang baik dapat menjadi bumerang jika tidak dalam konsisi baik. Saat maloklusi gigi yang berdesakan akan menyebabkan air liur tidak dapat bersirkulasi sehingga dapat menggenang dan mengendapkan mineral mineral yang dikandungnya menjadi karang gigi. Karang gigi akan memparah banyak penyakit karena menjadi tempat menempel sisa makanan dan bakteri.

  4. Gigi sensitif dan penurunan tulang
    Gigi yang berdesakan akan akan menyebabkan terdorongnya gusi sehingga tidak dapat melekat pada tempatnya di gigi. Gusi yang berfungsu menutup akar akan terletak lenih kebawah. Gigi akan sensitif panas dan dingin. Selain itu dengan diperparah penumpukan bakteri, gusi akan sering meradang inflamasi sehingga memerah dan mudah berdarah oleh tekanan, bahkan saat menyikat gigi pun dapat berdarah. Efeknga gusi yang melindungi tulang jika terdorong kebawah akan meningkatkan penetrasi bakteri yang toksin nya dapat menyebabkan tulang menurun. Kasus ini jangka panjang akan menyebabkna gigi goyang bahkan tanpa berlubang bisa terlepas karena tidak didukung tulang yang baik.

  5. Traumatik oklusi
    Kondisi dimana gigi berdesakan pada normalnya gigi akan bertemu atas dan bawah secara sinergis dan sistematis. Bila tidak rapi atah berdesakan gigitan tidak optimal dan gigi akan berkontak tidak benar. Sehingga berefek pada kliking dan coping, nyeri sendi rahang. Karena sendi rahang yang terletak didepan telinga akan lebih berat menanggung beban oleh karen gigi tidak ditempatnya.

  6. Ulser traumatik/sariawan
    Sariawan akan terjadi seiring dengan gigi yang gerus berkontak berlebih denan mukosa mulut dan daya tahan tubuh yang menurun. Saat keadaan daya tahan tubuh baik sariawan tidak akan muncul karena mukosa mulut nomor satu dalam regenerasi jaringan sehingga setiap kontak dengan mukosa terluka akan sembuh namun saat kelelahan, stres, atau menstruasi akan timbul lah sariawan pda daerah gigi maloklusi.

  7. Estetis
    Faktor ini merupakan faktor normal, dimana kondisi gigi yang rapi akan tampak lebih nyaman untuk dilihat karena letaknya yang didepan yang bagi sebagian kalangan menjadi perhiasan yang akan selalu dijaga

  8. Psikologis
    Orang yang giginya berdesakan sekali ataupun tonggos, bibir kedepan, dalam sehari hari ada yang mendapatkan sentimen negatif dalam masyarakat, dengan dikembalikan ke posisi normal giginya akan meningkatkan psikologis positif dan penampakan wajah yang lebih baik karena gigi berperan dalam membentuk raut wajah.

  9. Administratif
    Gigi yang rapi dipersyaratkan dalam berbagai bidang, seperti kemiliteran, kepolisian, ataupun bidang pelayanan, seperti pramugari, pelayanan publik dan bidang2 lainnya. Sehingga meningkatkan pilihan dalam berkarya.

Jadi Rizka, saya tidak dapat menjawab apakah Rizka harus memakai atau tidak nya karena wajib diperlukan pemeriksaan. Tetapi bila gigi Rizka ada yang berdesakan, tidak pada tempatnya, maju mundur, itu menunjukkan maloklusi dan maloklusi merupakan kondisi tidak normal yang dapat menjadi awal dari berbagai penyakit lainnya di rongga mulut.

Untuk Penggunaan Orto atau Kawat Gigi, saran dari saya, pasien diperbolehkan untuk berkonsultasi. Maka berkonsultasi lah, bila belum yakin pada satu dokter, boleh meyakinkan dengan konsultasi ke dokter lain. Namun dalam perawatan lalukan secara konsisten pada dokter yang Rizka pilih agar dapat dilakukan tindakan secara komprehensif.

Semoga bermanfaat, Terimakasih.


Pengasuh Konsultasi Kesehatan :
drg. Fatkhur Rizqi
Tim Dokter KampoengKlinik
Tim Dokter KampoengEdukasi

Mau Konsultasi Gratis??? Silakan kirim pertanyaanmu ke redaksi@kampoengngawi.com dengan subject : KONSULTASI dan temukan sharing dari pakarnya nya disini..

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com