Kabar Ngawi

4.624 Peserta Ikuti Pesta Siaga Kwartir Cabang Ngawi

NGAWI — Sebuah kegiatan yang melibatkan ribuan pramuka tingkat Siaga digelar di alun-alun merdeka Ngawi hari ini, Selasa (18/12/2018).

Kegiatan dengan tema Bergembira-Kreatif-Bersahabat yang melibatkan ribuan siswa kelas 3-4 dari masing-masing SD di kabupaten Ngawi ini merupakan kegiatan besar dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Ngawi di akhir tahun 2018 ini.

4.624 Peserta Ikuti Pesta Siaga Kwartir Cabang Ngawi yang terdiri dari 578 barung (satuan terkecil tingkatan Pramuka Siaga). Kegiatan dibuka oleh Bupati Ngawi, Ir. Budi Sulistyono yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Ngawi.

Ada dua jenis kegiatan yang diikuti oleh tiap-tiap barung, di antaranya Giat 1 yang terdiri dari 10 permainan yang terdiri dari berlayar, meniti jembatan, KIM penciuman, tantangan pancasila, menulis syair lagu Indonesia Raya, menghafal Pancasila, merangkai huruf, mengirim logistik, dan tantangan rambu lalu lintas.

Giat 2 yang dilaksanakan usai istirahat siang terdiri dari 5 macam kegiatan yakni, kapal karam, estafet, lempar bola, hasta karya, dan bakti sosial. Seperti disampaikan oleh panitia, dari Giat 1 dan Giat 2 ini masing-masing diambil 5 barung tergiat.

Baca Juga :   Serunya Pesta Siaga di Kwartir Ranting Geneng

Bupati Ngawi sangat senang dan mengapresiasi adanya kegiatan akhir tahun yang dikemas secara kreatif dan menarik sekaligus sebagai pengisi liburan ini.

“Pesta siaga merupakan kegiatan kreatif yang dikemas dalam bentuk permainan menarik dan menantang. Anak-anak bisa berinteraksi dengan teman,” ujar Bupati Ngawi.

Lebih lanjut menurut Kanang, sapaan akrab Bupati Ngawi, Pramuka merupakan wadah anak ditempa agar menjadi manusia yang amanah, cinta sesama, cinta bangsa. Pramuka adalah wadah yang tepat untuk pembentukan karakter, revolusi mental.

“Jangan putus di akhir pendidikan. Orang tua, dan pembina harus memberi arahan, bimbingan,” tegasnya.

Bupati Ngawi juga berharap, anak-anak Pramuka bisa menjadi pemimpin-pemimpin masa depan, baik di Ngawi maupun tingkat nasional. Pihaknya juga berterimakasih kepada seluruh pembina yang telah mendidik Pramuka dan mampu mengantarkan adik-adik terhindar dari pengaruh negatif. (sha/cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Kirim Komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom yang ditandai * harus diisi

twelve + 2 =

Back to top button
Close