Kabar Ngawi

Kapolres Ngawi : 7 Ketangguhan di Desa dan Semangat Gotong Royong Menjadi Kekuatan Luar Biasa dalam Mengantisipasi COVID-19

NGAWI — Kampung Tangguh COVID-19 desa Dawu, kecamatan Paron telah diresmikan oleh Bupati Ngawi bersama Kapolres Ngawi juga Dandim 0805 Ngawi, Sabtu (06/06/2020).

Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto dalam keterangannya menyebutkan bahwa Kampung Tangguh memiliki tujuh kriteria antara lain tangguh dalam bidang kesehatan, SDM, logistik pangan, informasi, keamanan, psikologi, dan budaya.

Dicky meyakini bahwa dengan tujuh ketangguhan yang ada di setiap desa yang disinergikan dengan semangat gotong royong akan mampu mengantisipasi adanya penyebaran COVID-19.

“Kalau setiap desa memiliki tujuh ketangguhan tadi, dengan semangat gotong-royong Insyaallah menjadi kekuatan yang luar biasa dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut Dicky menegaskan bahwa penanganan COVID-19 yang merupakan salah satu bencana nasional non alam tersebut perlu melibatkan semua pihak, baik masyarakat itu sendiri, aparat, dan juga kebijakan yang diberlakukan.

Dalam kesempatan meresmikan Kampung Tangguh COVID-19 di desa Dawu kemarin, pihaknya mengapresiasi sinergi pemerintah daerah, TNI, Polri, dan seluruh komponen masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Kampung Tangguh merupakan sebuah konsep untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, sehingga tercipta suatu sistem yang berlaku di masyarakat dalam mengantisipasi dan menekan penyebaran virus COVID-19.

Baca Juga :   BLT Dana Desa Tahap 2 untuk 10 Desa di Kecamatan Kendal Disalurkan Hari Ini

Program Kampung Tangguh merupakan sinergi dari seluruh elemen dari tingkat bawah mulai dari warga, perangkat desa, TNI dan Polri yang memperhatikan ketahanan lingkungan/keamanan, ketahanan pangan/ekonomi, dan ketahanan kesehatan.

Bukan hanya sebagai salah satu strategi dalam menghadapi ancaman penyebaran COVID-19, kampung tangguh juga sebagai solusi persoalan sosial lainnya, seperti masalah keamanan, kesejahteraan, atau masalah ketenagakerjaan. (cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =

Back to top button
Close