Padinya Subur Harganya Ajur

Padinya Subur Harganya Ajur, Sawah subur di daerah Bringin. Foto-Alfa


NGAWI – Petani merupakan salah satu aset operasional yang dipunyai oleh sebagian besar wilayah di Kabupaten Ngawi. Dengan sawah yang terbentang luas, padi yang subur, pastinya menjanjikan harapan yang indah tatkala hari panen tiba.

curhat-anak-petani-ngawi

Namun sebagian besar petani di beberapa wilayah Ngawi merasakan perasaan galau dan hati yang hancur akibat harga gabah hasil panenan yang Ajur. Ibaratnya Padinya Subur Harganya Ajur, itulah kira – kira yang mewakili perasaan para petani yang mendapati hasil panenannya kemungkinan tak mampu balik modal.

Seperti status yang di-posting oleh salah satu warga Ngawi kemarin, Senin (06/02) yang bercerita tentang keluh kesah Ayahnya yang seorang petani. Di sebuah wilayah di Paron, dia menceritakan bahwa hasil panenan padi ayahnya hanya dihargai Rp. 2.500 / Kg nya.

“Miris denger cerita Bapak, di kampung kami, penjualan gabah oleh petani ‘hanya’ dihargai Rp 2.500/kg, padahal biaya produksi per kilo sangat mendekati atau bahkan ada yang lebih besar dari angka tersebut,” ungkap Eviet di akun Facebook pribadinya.

Ia menambahkan dalam statusnya itu, pada saat petani tidak menerima harga tersebut, potensi kerugian lain menanti, karena keterbatasan lahan, tenaga, dan cuaca yang tidak menentu, membuat petani mengurungkan niat untuk menjemur & menyimpan padinya.

“Kalau demikian terus, bagaimana petani bermodal kecil di Indonesia bisa sejahtera???” ungkapnya dengan kesal.

Senada dengan curhatan dari Eviet, kondisi ini juga diamini oleh para petani di wilayah Cangakan, Bringin, dan juga Karangjati yang mendapati harga gabah panenan mereka hanya berkisar Rp. 2.500 – Rp. 3.100 , sementara kebutuhan akan pupuk melambung, harga kebutuhan pokok juga tinggi.

Padinya Subur Harganya Ajur. Namun dari jauh Eviet memberikan dukungan kepada Ayahandanya untuk tetap sabar dan semangat.

“Yang sabar ya Bapak, Tetep semangaaattt,” tutup Eviet di status Facebooknya. Bagaimana Harga Hasil Panen di wilayahmu? (kn/cse)

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com