Kabar Ngawi

BUMDes Cipta Mandiri Dempel Study Banding ke Blitar

BLITAR – Usaha untuk terus mewujudkan kegiatan dan program yang lebih baik, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cipta Mandiri Desa Dempel mengadakan Study Banding ke Blitar, Kamis (28/12/2017).

BUMDes Cipta Mandiri Dempel Study Banding ke Blitar. Dipimpin langsung oleh Ketua BUMDes Cipta Mandiri, Eko Wahyu H. S.Pd., M.Pd.I. rombongan dari Desa Dempel ini terdiri dari para anggota bumdes, perangkat desa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Go Panca Pesona, dan elemen masyarakat.

Rombongan mengunjungi beberapa lokasi yang tediri dari, Kampung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Rejowinangun, Kampung Koi, Kampung Cokelat, dan BUMDes Karangsono, serta BUMDes Lestari yang berada di kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar yang merupakan BUMDes terbaik tingkat Jawa Timur 2017 pengelola Agro Blimbing dan Jambu Merah.

BUMDes Lestari mengelola pariwisata Agro Belimbing dan Jambu Merah hingga ke proses pengolahan dan produksi pasca panen dengan mengoptimalkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dari masyarakat setempat.

“Ini adalah salah satu bentuk inovasi desa yang luar biasa, di mana desa yang tidak mempunyai potensi alam yang mnonjol, masih bisa mengemas desanya menjadi desa wisata yang menarik,” terang Andi, Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) yang turut mendampingi.

Baca Juga :   Disparpora Ngawi Harapkan Ngawi Batik Fashion Semakin Menumbuhkan Industri Ekonomi Kreatif

Dalam agenda ini, rombongan mendapatkan edukasi menarik, diantaranya cara pembuatan dodol, cooking class, pengembangbiakan ikan Koi beserta perwatannya dan sistem kelompok atau jaringaan usahanya, serta banyak lagi lainnya.

Seperti diketahui bahwasanya BUMDes sebagai badan usahanya, Pokdarwis mempersiapkan pengelolaan desa wisatanya. Hal ini menjadi pembelajaran tersendiri bagi rombongan untuk bisa membangun ekonomi berbasis masyaarakat. Tentunya untuk membangunnya harus punya jiwa sosial yang tinggi dengan harapan membaangun desa yang sejahera sesuai dengan kearifan lokal. (ske)

Tags
Show More

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =

Back to top button
Close