Kabar Ngawi

Ngawi Menjadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Festival Budaya Agragris Jawa Timur 2019

NGAWI — Kabupaten Ngawi Menjadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Festival Budaya Agragris Jawa Timur 2019 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur (Jatim) mulai 28 hingga 30 November 2019.

Bertempat di Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem Ngawi), kegiatan yang baru digelar perdana di Jawa Timur ini diselenggarakan sebagai salah satu media untuk menggali dan mempromosikan budaya, khususnya di wilayah agraris.

Kepala Disbudpar Jawa Timur, Sinarto dalam keterangannya menyebutkan bahwa Festival Budaya Agraris ini sebagai kegiatan yang memfasilitasi daerah di luar kawasan pesisir utara maupun selatan wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Kabupaten Ngawi diberikan kehormatan sebagai tuan rumah untuk launching kegiatan ini,” ujarnya.

Festival ini beranggotakan 16 kabupaten/kota yang berada di wilayah agraris Jatim di antaranya, Kota Madiun, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Nganjuk, Jombang, Ngawi, Magetan, Bojonegoro, Kota Batu, Kota Blitar, Bondowoso, Kota Malang dan Ponorogo.

Sinarto juga menjelaskan, Festival Budaya Agraris perdana ini mengangkat tema Dewi Cemara (Desa Wisata Cerdas Maju Sejahtera) dengan rangkaian kegiatan dimulai dari pembukaan, pagelaran seni pertunjukan, sarasehan budaya, dan pameran produk seni budaya dan pariwisata.

Baca Juga :   Warga Temukan Fosil Gajah Purba di Sungai Ketonggo Paron

“Kegiatan ini menjadi kegiatan rintisan sebagai sarana revitalisasi budaya, khususnya di kawasan agraris. Juga sebagai sarana promosi budaya daerah, dan menjadi ruang kreasi bagi insan budaya dan seniman di Jawa Timur,” imbuh Sinarto.

Lebih lanjut Sinarto menyampaikan bahwa tahun depan rencananya Festival Budaya Agraris ini akan dilaksanakan di Kota Batu dan secara bergilir dari tahun ke tahun dilaksanakan di kabupaten/kota anggotanya. (kn/cse)

Tags
Show More

KampoengNgawi

Media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi, kabar ngawi, kabar desa, pemerintahan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Email : redaksi@kampoengngawi.com

Berita Terkait

Kirim Komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom yang ditandai * harus diisi

5 × 3 =

Back to top button
Close