Wisata Watu Jonggol

Watu Jonggol berada tidak jauh dari kecamatan Ngrambe, Ngawi, walaupun termasuk objek wisata yang baru dibangun (2 tahun) , Watu Jonggol menyajikan pemandangan yang indah dan udara yang sangat sejuk. Objek wisata Watu Jonggol berada di Dusun Sedonomulyo, Desa Pandansari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Dari Ngrambe sekitar 10 km dan dari Sine sekitar 5 km.

Tentunya kita patut berbangga dan ikut serta melestarikan serta menjaga objek wisata ini agar bisa menjadi salah satu icon untuk Ngawi sebagaimana Pemerintah bersama rakyat berupaya untuk selalu meningkatkan sektor wisata di Ngawi. Kita bisa mengajak keluarga, teman, dan bahkan rekanan bisnis untuk singgah di lokasi ini.

Berada di dataran tinggi yang merupakan salah satu bagian dari kaki Gunung Lawu, Watu Jonggol menyajikan pemandangan pegunungan yang mempesona. Sejauh mata memandang terdapat pepohonan khas dataran tinggi, yaitu pohon pinus. Di sini anda juga dapat menemukan perkebunan tembakau dan cengkeh karena udara yang dingin cocok untuk tanaman tersebut.

Seperti dikutip oleh Ngrambe.net , Watu Jonggol merupakan batu besar yang berada di lereng tanah dan timbul ke permukaan sehingga sebagian batu terlihat namun setengahnya lagi tertutup oleh tanah. Watu Jonggol di area wisata tersebut terdapat dua buah. Yaitu dibagian atas yang terdapat patung naga di atasnya dan di area bawah yang diberi aliran air sehingga terlihat seperti memancarkan air jika dilihat dari samping dan dari bawah batu.



Mata Air Bulu-bulu , Mata Air Bulu-bulu berada tidak jauh dari Watu Jonggol karena masih berada pada satu kawasan. Airnya yang sangat jernih digunakan untuk mengairi kolam renang yang berada dibawahnya. Sehingga air kolampun sangat segar dan dingin karena berasal langsung dari mata air. Tidak jauh dari mata air, terdapat pohon beringin besar yang menurut penuturan warga merupakan peninggalan dari para wali (niati).

Kolam Renang , Selain pemandangan perbukitan dan suasana pegunungan yang sejuk, anda dapat bermain air dan berenang di kolam renang yang sudah disediakan. Terdapat dua kolam renang, yaitu dibagian atas dan bagian paling bawah. Terdiri dari dua bagian karena tempatnya yang berada pada bidang miring sebuah bukit. Sehingga anda dapat menikmati pemandangan dari bawah dan dari atas dengan eksotisme yang berbeda. Selain itu, kolam renang juga dilengkapi dengan papan seluncur dan air mancur. Karena itu, tempat ini cocok untuk wisata keluarga atau juga bersama dengan anak-anak.

Adapun harga tiket untuk memasuki lokasi wisata ini terbilang sangat murah, yakni sebesar Rp. 5.000,00/orang dan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,00 untuk mobil. (Update Agustus 2014)

Tersedia fasilitas berupa warung-warung makan yang berada dibagian atas dan bawah lokasi wisata. Selain itu terdapat dua kolam renang dan kamar mandi. Kamar mandi berada dibagian paling bawah dari lokasi wisata. Namun seperti penginapan dan tempat beribadah belum tersedia. Jika anda ingin melakukan ibadah, anda dapat menggunakan mushola dan masjid di desa sekitar wisata Watu Jonggol.

Karena kondisi jalan yang cukup curam, gunakan sepatu yang nyaman digunakan diluar ruangan. Misalnya sendal gunung dan sepatu yang tidak berhak tinggi.

Jika berkunjung pada sore hari, gunakan jaket karena udaranya sangat dingin dan berangin. Gunakan kendaraan dalam kondisi sehat, karena anda akan menemui jalan naik-turun dan berkelok-kelok. Karena terdapat kera yang dirantai tidak jauh dari lokasi kolam renang, usahakan membawa kacang atau pisang untuk memberinya makan sembari berfoto dengannya.

Yuuk.. jangan tunggu lama – lama lagi, kita geruduk lokasi wisata yang bagus ini, kita untuk Ngawi dan Ngawi untuk semua.

Related Post

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Tentang Redaksi

KampoengNgawi

KampoengNgawi merupakan media bebas yang menampilkan informasi seputar Ngawi dari semua sektor dan kondisi yang ada di Ngawi dan semua hal yang terkait dengan Ngawi.

Kirim press release, artikel, liputan, jadwal event ke:
redaksi[at]kampoengngawi.com